Pendidikan, Kesehatan dan Keamanan Merupakan Masalah Serius di Denduka

Melkianus Suluh (kiri) saat memberikan materinya di desa Denduka didampingi oleh Kades dan Wakapolsek Tenateke

Tambolaka-SJ……………..Bertempat diAula kantor desa Denduka Kecamatan Wewewa Selatan Sumba Barat Daya (SBD) dilaksanakan seminar sehari dengan Tema Pentingnya Pendidikan, keamanan dan kesehatan dalam Masyarakat rabu 22/ 05/2019. Pendidikan, Kesehatan dan Keamanan merupakan ujung tombak dalam masyarakat. Tiga aspek ini sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan dalam masyarakat. Demikian disampaikan oleh Melkianus Suluh, M.Pd dalam materinya dengan judul Peran Keluarga dan Masyarakat Mewujudkan Cita-Cita Nasional.

Dalam penyampaiannya Melki mengatakan pendidikan merupakan sebuah proses mengubah sikap tata laku, dan dalam sekolah ada proses mendidik,dari tidak bisa menjadi bisa. Didalam pendidikan tidak boleh membandingkan antara satu siswa dengan siswa yang lain, cukup memberi motivasi.

“Indonesia merdeka karena pendidikan, tanpa pendidikan mungkin Indonesia belum merdeka” ungkapnya.

Lebih lanjut Melki menjelaskan manfaat dari pendidikan memberikan informasi dan pengetahuan, menciptakan generasi penerus bangsa (budaya, pengetahuan dan melahirkan generasi selanjutnya).

Melki juga membahas peran orang tua terhadap pendidikan anak yaitu membimbing anak untuk terus melanjutkan apa yang sudah diberikan di sekolah, menemukan minat-minat anak yang kemudian hasilnya dapat dikomunikasikan dengan sekolah, memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.

Melki juga mengangkat isu prioritas bagi pemangku kebijakan di daratan Sumba agar memperhatikan proporsi guru yang tidak berlatar belakang pendidikan keguruan, ketersedian dan distribusi guru, alokasi sumber daya yang berkelanjutan bagi sekolah swasta, mutu mengajar, dan kesiapan anak belajar.

Lebih lanjut Melki mengatakan peran masyarakat dalam pendidikan sebagai subjek atau pelaku pendidikan tanpa adanya kesadaran masyarakat akan pendidikan maka negara tidak akan berkembang, kita akan tergantung pada orang atau negara lain yang jauh lebih berkembang dari kita.

Baca Juga :   Kualitas Literasi Menjadi Perhatian Utama Di Sumba Timur

“Peranan masyarakat terhadap pendidikan sangat berpengaruh untuk perkembangan wilayah atau negaranya sendiri, melalui pendidikan masyarakat mendapatkan ilmu yang dapat ia manfaatkan didalam kehidupan untuk kesejahteraan bersama” ujarnya.

Dalam seminar ini menghadirkan tiga narasumber utama, yaitu dari Bidang Pendidikan oleh Melkianus Suluh, M.Pd, Bidang Kesehatan oleh Kamilus D. Ringgi, A.Md.Kl dan dari Keamanan Wakapolsek Wewewa Selatan Ahmad Sidiq.

Seminar ini diselenggarakan oleh Mahasiswa STKIP Weetebula yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Denduka.

Dalam sambutannya Ketua KKN Yulius Lere mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa dan jajarannya, serta masyarakat yang telah mendukung dan membantu dalam melaksanakan Seminar ini.

“Kami memilih tema ini karena sesuai yang kami amati dan observasi selama ini, sehingga kami memilih tema Pendidikan, Kesehatan dan Keamanan menjadi ujung tombak dalam kehidupan bermasyarakat” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh masyarakat yang ditemui media Alvianus, yang mengatakan tema seminar ini sangat cocok didesanya.

“Ketiga Aspek ini adalah masalah yang sangat serius dan perlu di tangani, Mahasiswa memilih Tema ini sangat tepat, sesuai Realitas yang terjadi di desa Denduka. Ketiga aspek ini sangat penting. Kami mengapresiasi adik-adik yang KKN di desa Denduka karena telah selenggarakan seminar ini, sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat betapa pentingnya Pendidikan, Kesehatan dan Keamanan dalam desa ini” ujarnya.

Pantauan media dalam seminar ini juga dilakukan pembagian sertifikat bagi narasumber dan juga peserta seminar. Seminar ini sendiri berjalan lancar dan mendapat perhatian yang besar masyarakat di desa Denduka. (EB),-