PENDERITA AIDS DI SBD MEMPRIHATINKAN

Tambolaka-SJ. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten Sumba  Barat Daya (SBD) selenggarakan rapat koordinasi penanggulangan AIDS di Tambolaka, Senin 23 Oktober 2017.Kegiatan yang dimulai pukul 10.12 wita ini dibuka oleh wakil bupati SBD, Drs. Ndara Tanggu Kaha, dihadiri oleh Komisi Penanggulangan AIDS SBD, beberapa dinas dari SKPD.


Dalam sambutannya Ndara Tanggu meminta semua pihak termasuk pemerintah untuk bekerja maksimal dalam mendukung KPA SBD dalam menanggulangi penyebaran penyakit HIV/AIDS untuk mencapai target bebas HIV/AIDS ditahun 2030.
“kondisi penerita AIDS di SBD sudah sangat memprihatinkan, sehingga kita harus segera melakukan upaya-upaya untuk menekan bahkan menanggulangi penyebarannya, jika seandainya ada 1 orang yang pulang dari rantauan terkena AIDS, maka dikuatirkan setelah sampai di SBD bisa menularkan hingga 5 orang” ungkapnya.
Wakil Bupati Ndara Tanggu yang juga membawakan materi tentang situasi terkini perkembangan AIDS dan upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh Pemda untuk mengantisipasi perkembangan penyakit mematikan ini.
Kondisi penderita AIDS hingga saat di ini di SBD sudah tersebar di 61 desa dan sudah mencapai 217 orang.
Data KPA tahun 2009-2017 ada 217 penderita HIV yang mana pada tahun 2015 mencapai puncak dengan total penderita sebanyak 43 orang namun adanya penurunan kembali di tahun 2016/2017 saat KPA mulai bekerja maksimal” ungkap wakil bupati Ndara Tanggu.
Data terakhir yang dimiliki jumla penderita HIV/AIDS adalah kecamatan Kota Tambolaka sebesar 42 orang, Kodi Utara 30 orang, Loura  29 orang, Kodi 27 orang, Wewewa Selatan 20 orang, Wewewa Tengah 17 orang, Wewewa Barat 17 orang, Wewewa Timur 15 orang, Kodi Bangedo 10 orang, KOdi Balaghar 8 orang orang dan Wewewa Utara 2 orang penderita HIV/AIDS.
Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh KPA adalah sosialisasi HIV/AIDS, Tes dan Konseling Sukarela (VCT) didermaga Waikelo, Lapas Waikabubak (2 kali kegiatan), STKIP Weetebula dan 18 desa dan kelurahan pada 11 kecamatan di SBD.
Hadir dalam pertemuan itu adalah sekretari KPAD-SBD, Jack Keremata, Kadis Pariwisata Christofel Horo, Kadis Pemuda dan Olahraga, Kadis Kesehatan Yulianus Kaleka, Kadis BKKBN Daud Umbu Moto, Kabag Tata Pem, Umbu Remu Samapaty, kabid Pemdes BPMD, Anton Kette dan pejabat lainnya. (OC$),-

Baca Juga :   J-RUK SUMBA GANDENG GKS MATA SOSIALISASI ISU HUMAN TRAFFIKCING