Pemilik Perahu dan ABK dari Bima Berhasil Ditangkap

Tambolaka-SJ……… Perahu Perhubungan 02 yang menurunkan  31 orang penumpang di pantai Mananga Aba asal Bima berhasil ditangkap. Selain itu juga ditangkap 2 perahu lainnya dan 6 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan  3 perahu dari Bima juga ikut  diamankan oleh Unit Intel Mob Yon A SBD bersama Pol Air Weekelo.

Pada hari Selasa, (26/50/20) sekitar pukul 09.00 wita, bertempat di Pelabuhan laut Waikelo Desa. Radamata, Kecamatan Kota Tambolaka, kabupaten  Sumba Barat Daya (SBD) telah diamankan 6 orang ABK dari 3 perahu yaitu Perhubungan 02, Lorena dan Mandala yang membawa sembako dari Bima tanpa dokumen.

Setelah mendapat laporan dari Pol. Air Weekelo Unit Intel Mob Yon A SBD segera meluncur ke pelabuhan Weekelo yang dipimpin oleh Kanit Intel Mob Aipda Silfester Selay. Dari ketiga perahu yang diamankan tersebut 1 perahu yaitu Perhubungan 02 diindentifikasi sebagai perahu yang membawa 31 orang penumpang pada hari Senin 25 Mei 2020 kemarin yang berlabuh di pelabuhan tidak resmi Mananga Aba.

Selanjutnya 6 orang ABK tersebut digelandang ke Posko covid-19 SBD di Galatama untuk dilakukan Screening dan di berikan edukasi oleh petugas kesehatan. Adapun nama identitas 6 orang ABK adalah (1) A Jahar (juragan), Alamat Rompo Desa Rompo   Kec.  Langggudu Kab Bima, nama perahu  KLM Perhubungan 02, (2) Furka Daya Tula, alamat Desa Rompo Kec.  Langgudu Bima, (3) Hamidul, alamat Desa Karumbu Kec.  Langgudu Kab Bima (Perahu Perhubungan 02), (4) Abdulah (juragan) alamat Desa Rompo Kec. Langgudu Bima (perahu Mandala), (5) Kamaludin (ABK) alamat Desa Rompo Kec. Langgudu Bimia (perahu Mandala), dan (6) Fedy Yanto (juragan) alamat Desa Rompo Kecamatan Langgudu Bima (perahu Lorena)

Sekitar pukul 12.00 wita ke 2 orang ABK dari perahu Perhubungan 02 di bawa ke RSUD Pratama Reda Bolo untuk di karantina usai mendapat pemeriksaan screening di posko covid-19 Galatama SBD. Dipantau oleh media ini penangkapan 3 perahu bersama 6 orang ABK ini berjalan lancar tanpa mengalami pelawanan yang berarti.

Baca Juga :   Bupati Sumba Barat Launching Gerakan Sadar Sampah Dan Tertib Sampah

Untuk diketahui data terakhir yang positif  covid-19 di Provinsi NTT per tanggal 27 Mei 2020 adalah 85 orang yang terdiri atas: Sikka 27 orang, Kota Kupang 20 orang, Manggarai Barat 14 orang, Sumba Timur 8 orang, Ende 6 orang, TTS 3 orang, Nagakeo 3 orang, Rote Ndao 2 orang, Manggarai 1 orang dan Flotim 1 orang,  sembuh 9 orang dan meninggal 1 orang. ***** (OC$),-