PELAKSANAAN IBADAH DI SBD AMAN & KONDUSIF

Tambolaka-SJ………………. Pelaksanaan ibadah mingguan gereja-gereja di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Minggu, 20 Oktober 2019 berlangsung cukup ketat dengan pengamanan oleh Polsek Urban Loura Polres Sumba Barat. Tampak personil Polsek Loura dan Brimob melakukan patroli dan pengamanan di lokasi-lokasi gereja.

Hasil pantauan media pelaksanaan ibadah Gereja Katolik dan Gereja Protestan di SBD berlangsung aman dan kondusif, walaupun ada informasi yang beredar di masyarakat akan ada gangguan-gangguan yang dilakukan pada saat ibadah untuk mengganggu pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI hari ini di Jakarta. Hingga berita ini diturunkan pelaksanaan ibadah masih berlangsung dan Polsek Urban Loura memperketat pengamanan di lokasi-lokasi gereja.

Suasana Ibadah Minggu 20/10/19 di GKS Tambolaka

Kapolsek Urban Loura Kompol Ketut Mastina, S.Sos yang ditemui media di GKS Mata usai melakukan patroli mengatakan langkah-langkah strategis yang dilakukan pihaknya adalah langkah-langkah preventif dengan melakukan pendekatan dan koordinasi dengan Pendeta dan Pastor tentang pola pengamanan pada ibadah mingguan 20 Oktober 2019 yang bertepatan dengan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Jakarta.

“Sesuai dengan instruksi Polda NTT maupun Polres Sumba Barat dalam melakukan tindakan pengamanan ibadah gereja saat ini, karena adanya informasi atau isu-isu yang beredar di medsos akan ada upaya dari kelompok tertentu untuk mengganggu keamanan dan keutuhan NKRI, maka kami melakukan koordinasi dengan pihak gereja bagaimana pola pengamanannya” ungkapnya.

Suasana Ibadah Minggu 20/10/19 di GKS Mata

Lebih lanjut Kompol Ketut Mastina menjelaskan perlunya melakukan koordinasi ini karena pihak gereja yang lebih mengetahui mana jalan-jalannya yang digunakan untuk proses ibadah mingguan. Hasil koordinasi disepakati hanya menggunakan satu pintu.

Dirinya juga mengapresiasi atas dukungan yang diberikan oleh pihak gereja maupun masyarakat dalam menjalankan langkah-langkah pencegahan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga :   Pemda SBD Sambut Baik Pelantikan Anggota DPRD PAW
Tampak Kapolsek Urban Loura Kompol Ketut Mastina (kedua dari kanan) saat pelaksanaan Pengamanan Ibadah di GKS Mata

“Hingga saat ini situasi kondusif, aman dan damai. Kami harapkan situasi ini tetap terjadi sampai dengan usainya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI” tuturnya lagi.

Kapolsek Ketut Mastina juga menghimbau agar masyarakat tetap melaksanakan ibadah dengan hikmad, karena pihaknya sudah melakukan tindakan pengamanan.

“Tindakan pengamanan yang kita lakukan kita menjaga membuat nyaman masing-masing masyarakat yang akan beribadah. Masalah parkir dan lain-lainnya kita juga sudah arahkan, dan langkah-langkahnya sudah dilaksanakan oleh rekan-rekan kita semua” tuturnya.

Ditempat terpisah anggota DPRD Provinsi NTT dari PPP, Dominggus Dama, S.ST.MT., mengapresiasi kerja keras Polsek Urban Loura Polres Sumba Barat dalam melakukan pengamanan pelaksanaan ibadah gereja-gereja di SBD.

Dirinya berharap melalui moment bersejarah saat ini dimana Presiden dan Wakil Presiden akan dilantik di gedung DPR/MPR RI 20 Oktober 2019 pukul 16.00 WIB ini bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan-gangguan baik di Jakarta maupun di daerah-daerah.

D. Dama anggota DPRD Provinsi NTT asal Sumba dalam satu acara di Wewewa Tengah

“Sebagai warga negara yang cinta NKRI, marilah kita mendukung keamanan dan kenyamanan di Indonesia karena hari ini adalah hari yang bersejarah dengan akan dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden pilihan rakyat” ujarnya.

D.Dama juga berharap masyarakat SBD khususnya dan Sumba pada umumnya  mendukung kerja keras POLRI dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam beribadah.

“Mari kita dukung upaya TNI/Polri  yang menjaga keutuhan NKRI dengan hidup rukun, aman dan damai serta saling menghormati” tutupnya.

Penulis: Octa,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.