PASAR KORI SBD DIKEPUNG

Kori-SJ….. Ratusan pengguna dan pengunjung pasar Kori  belum mengindahkan himbauan pemerintah untuk menggunakan masker pada saat berpergian atau yang mengumpulkan banyak orang. Seperti yang terlihat pada pasar Kori, Desa Kori, kecamatan Kodi Utara kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) saat Tim gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 kabupaten SBD, Rabu (27/05/2020).

Tim gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 kabupaten SBD melaksanakan razia masker di pasar Kori dan melakukan edukasi kepada masyarakat cara mengatasi dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kabupaten SBD. Tim yang terdiri dan TNI/POLRI dan beberapa OPD melakukan rasia masker di beberapa titik dalam pasar Kori dan mengepung pasar Kori untuk melihat masyarakat yang masih enggan menggunakan masker dalam kerumunan massa yang besar dan sangat riskan penyebaran Covid-19.

Pengunjung pasar Kori lebih didominasi oleh anak-anak yang masih usia sekolah. Saat petugas bertanya kepada mereka kenapa tidak sekolah mereka menjawab libur karena virus. Lalu petugas memberi edukasi kepada mereka dengan mengatakan bahwa kamu diliburkan bukan untuk datang berbondong-bondong di pasar. Kami diliburkan untuk tinggal di rumah, jangan keluar kemana-mana karena virus Corona. Petugas menegaskan kamu belajar di rumah bukan libur untuk datang dipasar ujar salah satu petugas.

Masker yang dibawah dari posko yang jumahnya 1.500 lembar habis dibagikan. Bahkan jumlah itu belum mencukupi,  karena masih banyak masyarakat yang belum menggunakan masker. Melihat dari jumlah masker yang sudah dibagikan oleh Tim Covid-19, masih banyak masyarakat yang tidak kebagian masker, bahkan yang sudah mendapat tidak menghiraukan himbauan pemerintah dan enggan menggunakan masker.

Sebagian masyarakat ada yang membawa masker tetapi dijadikan sebagai hiasan muka bukan digunakan sebagaimana mestinya. Taroh didada bukan untuk menutup hidung dan muka. Bagi masyarakat yang belum menggunkan masker dan tidak memiliki masker diberi ganjaran dan sanksi berupa Pusp Up dan shit up. Pusp Up dan shit up diberikan untuk menjadi perigantan sehingga tidak menggulangi lagi,  ini bukan hukuman.

Baca Juga :   Tanjung Sasar adalah Pusat Peradaban Suku Sumba dan Sabu

Salah satu Aparat Desa Kori yang berhasil ditemui oleh media,  Heronimus Kodi Kaka mengatakan bahwa dari pemerintah desa sudah mengganggarkan dana untuk membeli masker.

“Baru-baru kita membeli 3.600 masker dan membagikan kepada warga desa Kori, namun semua warga belum dapat karena jumlah warga desa Kori ada 7.000 lebih” ujarnya.

Lebih lanjut Heronimus mengatakan untuk menutupi kekurangan ini kita sudah pesan kepada penjahit sehingga masyarakat yang belum memiliki masker bisa memiliki. Nanti kita akan bagikan semua warga desa dan kita bisa pastikan semua warga dsa kita sudah memiliki masker.

“Memang kita tidak bisa pungkiri karena masih banyak masyarakat yang belum menggunakan masker, karena budaya makan sirih pinang dan mereka belum menggerti arti pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Walaupun kita sudah membagikan masker,  mereka tidak pake. Bahkan ada yang bilang kita belum terbiasa dan terganggu akan sirih pinang karena harus ludah tiap saat. Saya juga minta kepada petugas untuk terus menerus memberikan pemahan kepada mereka, kalau hanya sekali mereka akan lupa dan tidak akan menghiraukan” tuturnya.

Pantauan media, kegiatan Razia Masker yang dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan penanggulan Covid-19 kabupaten SBD berjalan aman dan sedikit terganggu karena ada masyarakat yang sedikit bandel kepada petugas. Sudah tidak menggunakan masker,  ditahan malah tidak menghiraukan dan melawan petugas.

Bahkan ada sebagian masyarakat yang menduga petugas datang untuk bagi-bagi  sembakau,  sehingga mereka datang berbondong-bondong kepada petugas. Saat petugas menyisir seluruh pasar Kori banyak ditemukan masyarakat yang enggan menggunakan masker dan tidak menghiraukan himbauan pemerintah dengan tidak menjaga jarak pada saat melaksanakan transaksi jual beli. Atas kesigapan pihak keamanan TNI/POLRI kegiatan razia masker di pasar Kori berjalan lancar dan damai. *** (EB),-