Paket DAMAI Memukau Dalam Debat Kandidat

Tambolaka-SJ.,……… Paket Damai tampil memukau dalam pelaksanaan Debat Publik/Debat Terbuka  untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Juni 2017 di Gedung Serba Guna (GSG) Weetebula.

Debat kedua dengan tema Pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata yang diikuti oleh ketiga pasangan calon (paslon) MDT-GTD; Damai dan Kontak ini berlangsung cukup meriah dimana ketiga paket menyampaikan visi misi dan program unggulannya yang dipandu oleh 3 panelis asal Kupang dan Mataram.

Bergembira bersama para tim pemenangan paket Damai usai debat publik

Dalam Debat kali ini paket Damai kembali menunjukan kemampuan dan kesiapannya memimpin SBD pada periode 2018-2023 dengan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan baik oleh  panelis maupun paslon MDT-GTD dan Kontak. Damai tampil dengan percaya diri yang tinggi dalam memberikan pemaparan program-program unggulannya dan strategi untuk membangun SBD.

Damai menjelaskan program-programnya yang langsung menyentuh dusun-dusun  untuk meningkatkan sektor pertanian, pendidikan, kesehatan dan potensi pariwisata yang dimiliki SBD. Dominggus Dama dan Kornelis Tanggu Bore sama-sama berbagi peran untuk memaparkan program dan dalam menjawab semua pertanyaan yang ditujukan pada dirinya.

Foto bersama para kandidat, KPU dan Panwaslu SBD

Setiap kali paket Damai menyampaikan program-programnya, pendukung dan penonton yang hadir selalu memberikan aplaus karena dirasakan langsung menyentuh masyarakat. Paket Damai memfokuskan pengentasan kemiskinan dengan meningkat pertanian sebagai sektor unggulan SBD dengan  mendukung program-program gratis yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat dengan menyiapkan tenaga-tenaga pendamping ditiap desa yang diambil dari tenaga-tenaga sarjana yang ada lama SBD. Hal ini tentunya selain mengoptimalkan hasil pertanian tetapi membantu membuka lowongan pekerjaan bagi sarjana-sarjana yang ada di tiap desa. Untuk kebutuhan air bersih dan air untuk pertanian akan dilakukan megangkat air dari dalam tanah dengan menggunakan tenaga matahari yang tidak memakan biaya besar. Untuk masalah air ini paket Damai sudah memberikan bukti di beberapa daerah pinggir laut seperti Wekelo,  katewel dan pantai-pantai di Kodi yang kini sudah dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga :   LOGISTIK PEMILU SBD, SUDAH SIAP

Paket Damai berjanji berjanji akan melakukan kerjasama dan koordinasi dengan DPRD untuk mengeluarkan Perda tentang menekan pemotongan hewan untuk pesta-pesta adat tanpa mengurangi makna dari budaya lokal tersebut.

Paslon DAMAI, Dominggus Dama dan Kornelis Tanggu Bore saat debat

Dilain pihak dengan melihat potensi pariwisata yang dimiliki oleh SBD, paket Damai juga memfokuskan untuk meningkan pelayanan bagi para turis dengan memberi kenyamanan dan keamanan dan sarana prasarana untuk jalan, penerangan dan penginapan yang memadai bagi para turis. Paket Damai menekankan potensi-potensi yang dimiliki SBD selain pasir putih dan lautnya, SBD juga bisa menjual asset budaya lokalnya seperti Pasola, situs rumah adat dan hasil tenunnya yang memiliki nilai jual  bagi para wisatawan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Pelaksanaan debat publik/debat terbuka  yang disiarkan langsung oleh Radio Fox Mundi ini dihadiri oleh KPU, Panwaslu, Polres Sumba Barat, Dandim 1613 Sumba Barat, pimpinan-pimpinan partai politik dan para undangan lainnya berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta menyedot perhatian masyarakat SBD yang ingin mendengar secara langsung visi misi dan program setiap paslon yang berlaga.

Sayangnya dalam pelaksanaan debat publik yang kedua ini KPU seperti kurang siap sebagai penyelenggara dibuktikan dengan kurang rapinya penataan tempat pelaksanaan debat kandidat, lambatnya pemberian id card bagi tim-tim paslon bahkan terjadi kesalahan pemberian id card antara paslon I dan paslon II sehingga mengakibatkan molornya pelaksanaan kandidat. Sedangkan dipihak keamanan menunjukan kesiapannya  yang matang dengan melakukan pemeriksaan lapis 3 untuk memastikan keamanan pelaksanaan debat kandidat ini. (Tim-SJ),-