ORANG MUDA SUMBA HARUS SUKSES BERWIRAUSAHA

Waingapu – SJ………….Melahirkan wirausahawan muda dibidang industri kreatif yang dicanangkan oleh pemerintah sudah mendapat sambutan dan tanggapan dari anak-anak muda di Sumba Timur. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya sebuah tongkrongan yang diinisiasi oleh anak muda asli Sumba Timur yakni King Coklat Waingapu. King Coklat Waingapu yang resmi dibuka 22 November 2018 diinisiasi oleh 2 orang bersaudara dan sama-sama Alumni dari Yogyakarta yakni Arnold Yansens Bulu, S.T dan Stefanus Rada, S.T., M.T dengan menjadikan Coklat sebagai menu utama.

“Awalnya saat pulang ke Sumba setelah kuliah itu saya melihat bahwa jarang sekali ada tempat nongkrong yang nyaman untuk berdiskusi selain itu juga cuaca di Sumba ini sangat panas dan musim kemaraunya yang panjang sehingga kebutuhan terhadap minuman dingin cukup tinggi,” tutur Arnold yang ditemui di King Cokelat Waingapu (5/12/18) di Radamata.

Arnold juga membeberkan menu sepesial dari varian coklat yang disediakan di King Coklat Waingapu ini.

“Kita punya menu sepesial adalah menu toping chip lengkap dan toping buah segar yang terjual hingga 60-70 cup per hari dari rata-rata penjualan 200-300 cup. Saat ini kami di King Coklat ada 6 orang tapi bukan sebagai pengerja tapi sudah dalam ikatan kerja sama yang saling membesarkan sehingga nanti mereka bisa juga setelah dari sini memiliki modal dan membangun usahanya sendiri ” tuturnya, sembari melayani beberapa pengunjung yang berasal dari perkantoran dan sekolah yang berada di wilayah itu.

Senada dengan Arnold, Stefanus Rada, S.T., M.T yang juga adalah inisiator King Coklat Waingapu ini lebih memberi motivasi kepada anak muda lainnya “Yang paling penting untuk memulai usaha seperti ini adalah harus punya niat dimana sebagai anak daerah Sumba mampu berwirausaha ditanah sendiri dengan mengesampingkan Gengsi sehingga akhirnya sebagai anak muda kita bisa tetap nongkrong sambil menghasilkan sesuatu bukan sekedar menjadi penonton dan untuk saat ini juga selain pengunjung yang datang langsung ke King Coklat ini kami juga melayani Delivery dalam kota untuk pemesanan lebih  dari 5 cup” Tutur Stef yang diketahui menyelesaikan pendidikan S2-nya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Baca Juga :   BPBD SUMBA TIMUR TERUS MENGHIMBAU MASYARAKAT KEMBALI KERUMAH

Menurut Stef agar mampu bertahan dalam usaha sepert ini kita harus terus mengembangkan kreatifitas dan terus berinovasi dengan membuat varian-varian baru yang semakin beragam.

Beberapa pengunjung juga memberikan pendapatnya tentang tongkrongan yang bisa diakses melalui Instagram @kingcoklatwaingapu. Umet Tanda, siswa SMA di Waingapu mengatakan kesan pertama saya saat ada di King Coklat itu adalah Tempat yang Asyik di tambah lagi variannya yang enak-enak. Sedangkan Catarina Dian Saraswati,  S. Pd  mengatkan Varian Coklat yang ada disini Enak beda dengan minuman2 coklat yg selama ini saya minum rasanya pas perpaduan antara manis dan rasa coklatnya nendang di lidah,  toping berlimpah,  dan selalu ada kejutan di setiap minggunya jdi penasaran pengen coba terus.

“Dari segi rasa sudah pas, tempatnya asik dan nyaman buat tongkrongan serta pelayanannya ramah sehingga konsumen nyaman dan cocok sebagai tempat diskusi bagi mahasiswa” tutur  Silvester Tamu Ama S. Pt.   (STM),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.