MEMANFAATKAN POTENSI YANG DIMILIKI DALAM MEMBANGUN DAERAH

Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan salah satu Daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat dan dibentuk berdasarkan UU no. 16 Tahun 2007 dan diresmikan pada tanggal 22 Mei 2007 menjadi Kabupaten Definitif yang saat ini Kabupaten Sumba Barat Daya mempunyai 12 Kecamatan. Mekarnya Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan sebuah perjalanan panjang yang perlu direnungkan dan di kenang oleh seluruh masyarakat Sumba Barat Daya. Dimana pemekaran Sumba Barat Daya menjadi sebuah Kabupaten Definitif berangkat dari segudang persoalan kemiskinan dan penderitaan dengan harapan para penggagas dengan di mekarkan menjadi sebuah kabupaten definitif maka segala segi pelayanan kepada Masyarakat semakin baik dan kepentingan masyarakat semakin diperhatikan oleh pemerintah karena akses pelayanan semakin pendek.

Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan Wilayah yang mempunyai banyak Potensi yang bisa dikembangkan oleh pemerintah untuk mendatangkan pendapatan untuk menunjang Pembangunan dan Kesejahteraan Masayarakat Sumba Barat Daya. Beberapa potensi yang dimaksud adalah potensi Wisata, Hasil Bumi dan Perdagangan. Penulis saat ini mencoba untuk memaparkan beberapa potensi yang bisa dijadikan potensi sebagai potensi andalan yang mendatangkan Pos pendapatan baru untuk Daerah, beberapa potensi yang ada seperti :

Obyek Wisata

Di Sumba Barat Daya memiliki beberapa tempat Wisata Alam yang bisa dikembangkan dengan baik seperti, Pantai Mananga Aba di Laura, Pantai Kawona, Pantai Wee Kuri, Pantai Mandorak, dan masih banyak lagi keindahan alam lainnya yang bila dikelola dan ditata dengan baik, maka bisa mendatangkan pendapatan untuk pembangunan daerah.

Hasil Bumi

Selain potensi Wisata Sumba Barat Daya juga mempunyai hasil bumi yang melimpah seperti Biji mente, Kopi, Coklat, Kemiri, pisang, Kopra dan lainnya. Namun semuanya itu belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh pemerintah sebab semua hasil bumi yang ada lebih dimanfaatkan oleh pengusaha untuk dikirim keluar Sumba Barat Daya. Seandainya saja semua hasil bumi itu dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah untuk menggandeng perusahaan untuk berinvestasi didaerah, maka akan dapat menyerapkan ratusan bahkan ribuan tenaga kerja dan dengan demikian angka pengangguran dan Tenaga Kerja Keluar Negeri dan daerah lainnya akan berkurang.

Baca Juga :   Tantangan dan Peluang Pembelajaran Berbasis Digital

Perdagangan

Disamping semua potensi Wisata dan Hasil Bumi Sumba Barat Daya juga merupakan gerbang utama untuk akses perdagangan bagi Sumba barat dan Sumba Tengah, sebab Sumba Barat Daya mempunyai Bandar Udara dan Pelabuhan Laut (2 buah Dermaga).

Dari ketiga potensi yang ada Penulis uraikan diatas, mempunyai harapan agar bisa dimanfaatkan secara baik oleh pemerintah daerah untuk dijadikan sebagai pos pendapatan daerah sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan daerah demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat kedepan. Sehingga apa yang dicita – citakan oleh penggagas pemekaran agar masyarakat sumba barat daya bisa terlepas dari himpitan ekonomi.

Dalam memanfaatkan semua potensi yang ada Pemerintah Daerah bisa membentuk/mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ataupun bisa membentuk /mendirikannya mulai dari Pemerintah Desa yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pelaku usaha ditingkat desa, sehingga masyarakat dalam memasarkan hasil yang ada tidak bingung harus dipasarkan kemana.

Mengapa dibutuhkan BUMD dan BUMDes?

Penulis merasa sangat perlu karena dengan adanya BUMBD dan BUMDes dapat mempermudah akes jual beli baik dari masyarakat maupun pelaku usaha baik lokal maupun dari luar Sumba, dengan demikian dalam mempromosikan semua potensi yang ada dapat dengan mudah dan tersentral.

Dengan adanya BUMD dan BUMDes dapat menstabilkan harga dari para petani, maupun pelaku usaha lainnya, dengan demikian dapat meningkatkan minat petani dan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya serta pendapatan daerahpun ikut terkontrol dengan baik.

Dalam mewujukan itu semua tidak terlepas dari peran semua pemangku kepentingan baik eksekutif maupun legeslatif agar samasama menyamakan persepsi dalam memanfaatkan setiap potensi yang ada, bila itu bisa diwujudkan maka penulis yakini bahwa suatu saat kabupaten Sumba Barat Daya bisa mensejajarkan diri dengan kabupaten lainnya di Indonesia bahkan akan menjadi satu kabupaten tujuan bagi investor baik dibidang Pariwisata, Pertanian maupun dibidang perdagangan, karena itu bagi siapapun yang terpilih untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sumba Barat Daya tercinta, saya sebagai masyarakat Sumba Barat Daya mengharapkan para kandidat untuk memikirkan apa yang ada dan miliki Kabupaten ini untuk dimanfaatkan secara baik untuk kesejahteraan dan kemajuan daerah ini kedepan. Selamat memasuki Tahun Politik. 

Baca Juga :   Pemerintah Membagikan Kompor Listrik kepada Masyarakat, Pahami Kelebihan dan Kekurangannya

Oleh: Lambertus O. Ga

Oleh: Lambertus O. Ga

(Penulis adalah ASN di SBD).-