Lurah Langga Lero dan Babinsa Terus Edukasi Masyarakat Untuk Atasi Covid-19

Tambolaka-SJ……. Kelurahan Langga Lero Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dan Babinsa Kecamatan Kota terus lakukan pengawasan dan edukasi bagi warga masyarakat Langga Lero. Hal ini bertujuan untuk memastikan terjaminnya Keamanan dan Ketetiban Masyasarakat (Kamtibmas) dalm upaya pencegahan wabah covid-19 yang sedang melanda SBD saat ini.

Babinsa Kota Serda Yoris Mere dan Lurah Alfonsus K. Nong di kantor kelurahan Langga Lero Kecamatan Kota Tambolaka SBD

Dipantau oleh suarajarmas.com Selasa (12/05/20)  Lurah Langga Lero Alfonsus K. Nong  dan Babinsa Kecamatan Kota Tambolaka Serda Yoris Mere tampak terus melakukan pengontrolan dan pengawasan pada masyarakat OAR yang sedang menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

“Kami terus melakukan kunjungan ke OAR yang sudah selesai masa karantinanya selama 14 hari. Sesuai dengan protokol covid-19,  masyarakat tetap kami arahkan untuk menggunakan masker, menjaga jarak serta  selalu hidup bersih dan sehat. Kalau tidak terlalu penting untuk keluar sebaiknya di rumah saja” ungkap Lurah Alfonsus.  

Lebih lanjut kepada media Alfonsus menjelaskan dirinya bersama Babinsa tetap melakukan pantauan ketika ada acara-acara, kedukaan untuk memberikan himbauan agar selalu menjaga jarak. Khusus untuk kedukaan sesuai anjuran Pemerintah Kabupaten 1 x24 jam sudah harus dikuburkan,  acara adatnya nanti baru dilanjutkan kemudian.

Dirinya juga mengatakan hal yang menjadi  tugas dan tanggung jawab keduanya saat ini adalah merebaknya wabah virus babi yang sudah makan banyak korban ternak babi masyarakat. Kata Alfonsus bersama Babinsa kami terus melakukan patroli untuk memberi himbuan pada masyarakat apabila ada ternak babinya yang mati, agar dibakar dan dikubur.

Hal ini bertujuan untuk  mencegah virus itu tidak menular ke ternak lainnya. Sekarang ini kami mau turun ke lapangan karena ada masyarakat yang masih belum paham mengenai penularan virus babi ini.

Baca Juga :   BPBD SUMBA TIMUR TERUS MENGHIMBAU MASYARAKAT KEMBALI KERUMAH

“Memang sudah ada himbauan dari Pemerintah,  tetapi mungkin kita harus guna media pengeras suara (koling dan lain sebagainya) agar juga dapat memberikan informasi langsung pada masyarakat seperti model pemberian informasi covid-19” tuturnya.

Dirinya menjelaskan dengan berkeliling memberi informasi langsung pada masyarakat agar menghindari daging babi yang dari luar SBD. Sehingga tidak menular lagi ke ternak babi yang lain.

Alfonsus juga menyampaikan kendala yang dihdapi di lapangan yaitu keterbatasan masker, karena kelurahan tidak mempunyai dana untuk mengadakan dan membagikan pada masyarakat.  Pihaknya  bersyukur ada tindakan dari Posko Kabupaten yang sudah melakukan tilang di jalan sekaligus membagikan masker.

“Sehingga saat ini untuk warga Langga Lero kami lebih banyak berkunjung dan menghimbau terutama bagi yang baru kembali dari luar daerah khususnya daerah merah covid-19 lebih banyak memberikan contoh pada masyarakat” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Babinsa Kota Serda Yoris Mere  yang terlihat sangat aktif berkeliling melakukan sosialisasi dan himbauan pada masyarakat untuk mematuhi aturan dari Pemerintah serta protokol kesehatan.

“Sesuai dengan fungsi tugas saya sebagai unsur TNI,  kami ditempatkan di wilayah untuk mendukung apa yang menjadi program Pemda. Covid-19 ini adalah wabah yang sedang melanda dunia saat ini, penyebarannya sangat cepat dan membahayakan nyawa manusia, oleh karena itu kami dari unsur TNI bertanggung jawab penuh yang berkaitan dengan situasi Kamtibmas, penanggulangan bencana merupakan tugas pokok dari kami TNI. Selain itu  tugas pokok TNI membantu Polri dan membantu Pemda” jelasnya.

Kata Yoris lagi, makanya kami terlibat aktif dalam penanganan masasalah covid-19 di kelurahan Langga Lero ini untuk mewujudkan Kamtibmas. Selama ini yang kami lakukan sifatnya persuasive, pendekatan door to door, bahkan di tempat-tempat keramaian atau fasilitas umum seperti Bank, warung, tempat duka dan lain-lain. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menekan permasalahan saat ini khususnya penanganan wabah virus corona.

Baca Juga :   Kodim 1629/SBD Gelar TMMD di Desa Maliti Bondo Ate

Yoris mengakui kendala yang dihadapi di lapangan, kesadaran masyarakat yang masih kurang, mungkin karena SDMnya. Kami dari kelurahan akan terus berusaha memberi edukasi pada masyarakat Langga Lero secara khusus.

Dirinya juga Menghimbau masyarakat agar mematuhi arahan Pemerintah dan protokol kesehatan untuk secara bersama-sama mencegah penyebaran covid-19 yang sedang melanda kita sekarang.

“Mari kita patuhi anjuran Pemerintah dan Protokol kesehatan, sayangilah keluarga kita, saudara kita yang bisa terkena dampak kalau sampai tertular wabah virus ini” tutupnya. ***** (OC$),-