KUNCI SUKSES SENSUS PENDUDUK SEPTEMBER 2020 ADALAH PARTISIPASI

Tambolaka-SJ……. Pelaksanaan SP online secara nasional telah berlangsung sejak tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang kemudian karena situasi pandemi covid-19, diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik SBD, John Zogara, SE

Alhasilnya adalah hanya  2.251 KK yang ikut berpartisipasi (sekitar 2.5 %) dari target 90.175 KK  (hasil Pendataan Potensi Desa tahun 2019). Tentunya banyak kendala yang menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat, beberapa diantaranya yaitu:  masih banyak yang kurang memahami pentingnya data atau sensus penduduk,  masih banyak sebenarnya ingin mengisi, namun menunda-nunda dan akhirnya terlewat, banyak yang  tidak memiliki HP android,  serta masih banyak wilayah yang tidak/belum terjangkau internet. Kondisi ini diperburuk dengan  situasi merebaknya pandemi covid-19,  sehingga menghambat segala upaya pendampingan yang ingin dilakukan oleh BPS kepada masyarakat luas. Dengan demikian meskipun ada perpanjangan waktu yang diberikan, tidak banyak menambah partisipasi masyarakat.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete saat mensahkan pencanangan SP 2020 di Puspem Kadula

Kepala BPS-SBD  John Zogara, SE mengatakan bahwa setelah SP Online berakhir, kita akan masuk pada tahapan kedua, yaitu Sensus Penduduk bulan September 2020. SP September ini tidak lagi secara online, tetapi secara offline,  dimana seluruh masyarakat yang belum mengikuti SP Online akan diberi kuesioner oleh Petugas Sensus bersama-sama dengan Ketua RT setempat yang belum SP online. Sebagaimana pada SP Online,  menjelang SP September ini BPS kembali melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati SBD, Forkopimda (Kapolres SBD dan Dandim 1629 SBD), para pimpinan OPD,  para camat, para kades/lurah, para ketua RT dan semua elemen terkait lainnya.

“Selain itu juga kita berkoordinasi dengan pimpinan instansi vertikal,  beberapa Pimpinan BUMN/D. Koordinasi ini dimaksudkan agar semua bisa mengambil peran dan berpartisipasi untuk menyukseskan SP 2020 pada bulan September 2020 ini. Upaya sosialisasi dengan media luar ruangan seperti pemasangan spanduk di setiap kecamatan yang sebelumnya direncanakan, terpaksa belum bisa dilakukan karena selesainya Revisi DIPA akibat optimalisasi anggaran untuk penanganan covid-19” ungkap John Zogara.

Baca Juga :   KETUA DPRD SBD Lantik Anggota DPRD PAW

John menjelaskan bahwa dukungan Pemda SBD sudah diperoleh melalui berbagai bentuk,  antara lain: adanya surat edaran Bupati kepada seluruh elemen OPD,  Camat,  Kades, Ketua RT, agar semuanya turut mensukseskan  SP2020 serta pelaksanaan Pencanangan SP2020 oleh Bupati SBD yang dipadukan dengan apel gabungan tangal 31 Agustus 2020. Melalui sambutan Bupati pada acara pencanangan tersebut kita harapkan agar semua yang hadir mengetahui informasi tentang pelaksanaan SP 2020, dan ikut berpartisipasi.  Tentunya juga diharapkan dukungan para Pimpinan OPD dan jajarannya masing- masing untuk berpartisipasi. Secara khusus tentunya diharapkan dukungan dari Dinas PMD bersama seluruh kepala desa dan aparat desa untuk berpartisipasi dalam SP September 2020.

“Melalui media ini juga kita harapkan peran semua Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama agar melalui kharismanya masing-masing dapat memberikan himbauan kepada seluruh warga/jemaat/umat untuk berpartisipasi” tuturnya lebih jauh.

Kepada seluruh masyarakat, John Zogara mengajak untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 pada bulan September ini tanpa ragu-ragu karena merupakan salah kegiatan prioritas nasional yang perlu diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia,  agar kita bisa mendapatkan data jumlah,  komposisi,  dan karakteristik menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

“Jangan lupa bahwa Sensus Penduduk dilaksanakan 10 tahun sekali, sehingga akan sangat rugi bila kita lewatkan. Mengenai protokol kesehatan, semua petugas sudah melalui Rapid Test dan juga dilengkapi dengan APD yang memadai, sehingga seluruh masyarakat tidak usah kuatir” imbuhnya.

Akhirnya John mengajak, mari kita semua Mencatat Indonesia dengan mengisi kuesioner yang dibawa oleh Petugas Sensus pada Bulan September 2020.*** (Emil Buga),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.