KOMINFO AKAN DUKUNG PEWARTA SBD

Sekretaris DInas KOMINFO SBD, Ester Dada Gole, SP

Tambolaka-SJ………………. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Ester Dada Gole, SP mengatakan akan mendukung para jurnalis (Pewarta) SBD dalam meningkatkan pemahaman dan kualitasnya melalui pelatihan-pelatihan bahkan mengikuti uji kompetensi. Demikian diungkapkannya disela-sela kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi wartawan media cetak/elektronik tingkat kabupaten SBD, di aula Hotel Sumba Sejahtera Waitabula Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Senin, 17 Juni 2019.

Sekretaris Dinas Kominfo SBD ini mengungkapkan dalam diskusi dengan para peserta usai nara sumber Maria D. Andriana (Redaktur Internasional LKBN Antara) membawakan materi Menjadi Wartawan Profesional.

Ester merasa prihatin dengan perkembangan media-media lokal yang ada di SBD yang harus berjuang dengan segala keterbatasan yang ada, Dinas Kominfo mempunyai kewajiban untuk mendukung para jurnalis demi meningkatkan kualitasnya dan kalau perlu para jurnalis ini bisa mengikuti uji kompetensi sehingga kemampuan dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik 6M (mencari, memilih, mengolah, menulis, menyunting dan menyiarkan informasi menjadi berita) semakin baik dan profesional.

“Kita akan coba ajukan dalam anggaran nanti agar ada perhatian Pemerintah pada Pewarta SBD untuk mengikuti pelatihan yang lebih baik lagi misalnya mengikuti pelatihan juarnalistik di luar NTT” ungkapnya.

Dirinya mengatakan perhatian ini didasari bahwa peran media bagi perkambangan kabupaten SBD cukup penting dan untuk meningkatkan kualitas para jurnalis membutuhkan biaya yang cukup besar yang dirasakan cukup menjadi beban bagi para jurnalis khususnya media-media lokal yang ada di SBD.

Sekdis Kominfo Ester Dada Gole juga menyadari adanya keterbatasan dana di dinasnya saat ini sehingga belum bisa berbuat banyak untuk para juarnalis yang ada di SBD yang menurutnya sudah berbuat banyak sebagai penyambung lidah antara Pemerintah dengan masyarakat maupun sebaliknya.

Baca Juga :   WAKIL BUPATI DANIEL LANDA SERAHKAN DOKUMEN LKPJ TAHUN ANGGARAN 2020

Wartawan media lokal Tabloid Suara Jarmas Ariyanto Wairato mengapresiasi ide dari sekretaris dinas Kominfo ini dengan mengatakan dirinya menjadi semakin percaya diri setelah mendapat pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Kominfo SBD.

“Trima kasih buat Kominfo SBD dan khususnya untuk ibu Sekdis Ester Dada Gole yang peduli pada jurnalis-jurnalis yang ada di SBD, saya sangat merasakan manfaatnya dan percaya diri setelah mengikuti pelatihan-pelatihan jurnalis yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo SBD” tuturnya.

Para jurnalis yang mengikuti pelatihan di Hotel Sumba Sejahtera, Waitabula

Salah satu jurnalis TVRI yang bertugas di SBD, Mindo Soares mengatakan kegiatan ini perlu diapresiasi agar dapat meningkatkan kualitas mutu dari para jurnalis yang ada di SBD. Selain itu juga perlu dilakukan secara rutin supaya para jurnalis yang ada dapat mengkritisi situasi dan kondisi baik itu berkaitan dengan pembangunan daerah, sosial masyarakat, tingkat perekonomian serta masih banyak lagi sehingga kemajuan daerah bisa terkontrol dengan baik.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan seperti ini jurnalis yang ada di SBD bisa lebih selektif dalam menayangkan berita yang sesuai dengan kebutuhan saat ini” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Franky Keban wartawan Victory News bahwa kualitas para jurnalis di SBD perlu ditingkatkan terus, apalagi syarat untuk menjadi profesional bukanlah hal yang mudah, wartawan sudah harus lulus uji kompetensi oleh Dewan Pers. Untuk itu dibutuhkan pelatihan yang kontinyu dan pengalaman keluar daerah akan sangat membantu dan memotivasi para jurnalis yang ada di SBD.

“Kominfo SBD sudah menyelenggarakan pelatihan bagi wartawan setiap tahun dan rencana Ibu Sekdis untuk melakukan pelatihan ke jenjang yang lebih tinggi perlu diapresiasi, sepengetahuan saya sejak ibu Ester berada di Kominfo, ada perhatian bagi peningkatan kualitas wartawan di SBD, semoga ini terus berlanjut dan rencana kedepan bisa direalisasikan sesuai dengan anggaran yang ada di Kominfo SBD” tutupnya. (Tim-SJ),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.