Kodim 1629/SBD Disambut Gembira Oleh Masyarakat

Tambolaka-SJ……………….. Peresmian Kodim 1629/SBD disambut gembira oleh masyarakat Sumba Barat Daya (SBD) khususnya, Polres Sumba Barat dan Anggota DPRD SBD. Dengan kehadiran Kodim 1629/SBD yang terletak diantara daerah perbatasan Kecamatan Kodi Utara, Kecamatan Wewewa Barat dan Kota Tambolaka kami sangat sambut gembira, dengan harapan Keamanan dan Ketertiban di SBD semakin baik kedepannya.

Demikian diungkapkan tokoh masyarakat asal Wewewa Daniel B. Kadi saat dihubungi media usai peresmian  Kodim 1629/SBD, Korem 161 Wira Sakti dan Kikav Kodam 9 Udayana oleh Kepala Staf Angkat Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa Selasa, (10/12/19) pukul 10.21 Wita di Makodim 1629/SBD Desa Kadi Wanno, Kecamatan Kota Tambolaka Sumba Barat Daya (SBD).

Daniel merasa bersyukur sekali sebagai karena faktor keamanan masih menjadi kendala utama di SBD yang baru 11 tahun mekar.

“Keamanan masih butuh perhatian serius di SBD, apalagi SBD dicanangkan sebagai daerah tujuan wisata kedapan, kami juga berharap agar Polres SBD segera diresmikan sehingga kemanan dan ketertiban di SBD semaikn baik” ungkapnya.

Lebih lanjut Daniel mengatakan untuk mewujudkan keamanan dan ketertitban bukan hanya tugas kepolisian tetapi semua pihak termasuk TNI, Pemda dan Masyarakat harus saling bekerja sama untuk mewujudkannya. Sehingga kalau ada turis yang datan ke SBD dirinya merasa nyaman.

Kasad Jend. Andika Perkasa bersama ibu (tengah) berpose bersama bupati SBD keluarga besar TNI AD

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, SH.SIK.M.Si.,   yang mengatkan sangat mendukung adanya Kodim baru di SBD, apalagi kabupaten SBD penduduknya paling banyak diantra Sumba Barat dan Sumba Tengah.

Ketika dikonfirmasi tentang POlres SBD, Khairul menjelaskan Januari 2020 sudah akan diaktifkan.  Tetapi belum memiliki gedung sendiri sehingga masih akan pinjam gedung PLUT SBD.  

Baca Juga :   ​RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN VERIFIKASI FAKTUAL PARTAI POLITIK

“Kapolresnya akan dilantik tanggal 19 nanti, tetapi secara administrasi masih di Polres Sumba Barat, belum bisa lepas sampai 2 tahun kedepan mungkin” tutur AKBP Khairul.

Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh saat ditemui wawancara usai peresmian Kodim 1629/SBD

Untuk pembangunannya gedung Polres SBD ditargetkan di  tahun 2021 sudah ada realisasinya, tetapi walaupun belum memiliki gedung sediri, Khairul menghimbau masyarakat agar saling bekerja sama untuk menjaga kemanan dan ketertiban di SBD.

“Masyarakat SBD mari saling bekerja sama untuk menjaga keamanan,  baik TNI Polri, dan Pemda juga harus bersinergi dalam mewujudkan SBD yang aman dan tertib.

Ditempat terpisa anggota DPRD SBD yang juga adalah ketua Komisi A, Yohanes Routa Geli menyambut baik diresmikannya Kodim 1629/SBD. Dirinya berharap agar setelah adanya Kodim SBD adanya perhatian buat putra-putri SBD bisa menjadi prioritas diangkat menjadi TNI AD.

Anggota DPRD SBD, Yohanes Routa Geli

“Sangat positif kita menyambut Kodim 1629/SBD, kita berharap ada perhatian khusus untuk putra-putri SBD yang ikut test TNI nanti. Dengan adanya Kodim ini agara keamanan bisa diperketat lagi” katanya.

Dirinya juga menghimbau masyarakat SBD agar saling menjaga kemananan dan ketertiban untuk kebaikan bersama dalam lingkup Loda Wee Maringi Pada Wee Malala. *****

Liputan: Octa Dapa Talu,-.

Leave a Reply

Your email address will not be published.