KM EGON ASAL NTB SANDAR DI PELABUHAN WEEKELO SBD

Tambolaka-SJ…… Penumpang KM EGON yang tiba di pelabuhan Weekelo  Desa Rada Mata Kecamatan  Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)  pada  Rabu (22/04/20), Pkl 08,00 Wita yang bertolak dari pelabuhan laut Lembar  NTB  Selasa  (21/04/20) langsung diperiksa oleh Tim Satgas Covid-19 SBD.

Semua penumpang dan ABK didata secara lengkap dan dibagi menurut daerah tujuannya ke kabupaten Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur. Untuk penumpang yang berasal dari Kab Sbd akan dikarantiana mandiri di RSUD Pratama Reda Bolo.

Tampak hadir dalam memberikan edukasi covid-19, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Wakil Ketua I DPR, Syamsi P. Golo, ST, Tim Satgas Covid-19 SBD, KKP Pelabuhan Laut Waikelo, Dinkes Kabupaten  SBD, Angggota Kodim 1629/SBD, KP3 Pelabuhan Laut Waikelo, Polairut SBD, Bagian Karantina Hewan SBD, Karantina Pertanian SBD, Agen Kapal Pelabuhan Laut Waikelo, Dinas Sosial Kabupaten SBD, Satpol PP SBD, Dishub Kabupaten  SBD, Dishub Kabupaten  Sumba Barat dan Tim covid-19 Kabupaten Sumba Barat.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete saat jumpa pers di pelabuhan Weekelo

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete meminta para penumpang untuk bisa mengikuti proses isolasi selama 14 hari ke depan dengan mengikuti anjuran seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan lain sebagainya.

Hal ini dibutuhkan untuk menghindari penyebaran Covid-19. Apalagi hingga kini para penumpang sendiri tidak tahu apakah dalam dirinya sudah ada virus atau tidak.

“Kita saling curiga iya. Kami mencurigai anda bawa virus maupun sebaliknya anda mencurigai kami punya virus. Kami mencintai anda begitupun sebaliknya. Dua hal ini kita satukan sehingga saat kita kembali kita bisa bawa perilaku yang benar supaya kalau ada virus yang anda bawa maka jangan tularkan ke orang lain,”katanya mengingatkan.

Baca Juga :   IKBS JAKARTA SPONSORI PERJUANGAN MENUJU PROVINSI SUMBA

Ia menambahkan seharusnya KM Egon ini tidak bersandar di Pelabuhan Waikelo tetapi karena alasan kemanusiaan, Pemkab SBD mengizinkan kapal bersandar walaupun banyak pro dan kontra terhadap keputusan tersebut.

“Karena kemanusian maka kami izinkan anda turun di sini. Kemanusian ini yang harus terus kita kumandangkan dan itu juga harus bisa diterapkan oleh anda semua,” katanya lagi.

Dipantau oleh media ini jumlah penumpang KM EGON 90 orang yang terdiri atas SBD 77 orang, Sumba Barat 5 orang, Sumba Tengah 1 orang dan Sumba Timur 7 orang. Tim Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh penumpang KM EGON, penyemprotan desinfektan terhadap penumpang dan barang bawaan, pendataan ulang oleh Tim Covid-19 terhadap penumpang, pemisahaan penumpang sesuai dengan kabupaten  masing-masing dan relokasi penumpang asal SBD ke RSUD Pratama Reda Bolo. *****

Liputan: Octav Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.