Kemendagri Apresiasi Pemprov Jabar atas Penyelenggaran Jabar Stunting Summit

Bandung-SJ………… Jawa Barat Stunting Summit 2022 resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Selasa (13/12/22) di Gedung Sate, Bandung. Agenda JSS 2022 dihadiri oleh para Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jabar yang telah menyelesaikan seluruh tahapan penurunan stunting.

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd menaruh harapan penuh optimis, Zero New stunting di Provinsi Jawa Barat akan tercapai pada tahun 2023 sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini disampaikan melalui sambutan pada acara JSS hari ke 2 yang bertempat di Aula Gedung Sate Pemerintah Provinsi Jawa Barat, (Rabu, 14 Desember 2022).

“Kita sepenuhnya menyadari, percepatan penurunan stunting di Provinsi Jawa Barat merupakan kolaborasi antar perangkat daerah, lintas sektor, dan masyarakat. Oleh karena itu, intervensi tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, juga dilaksanakan oleh sektor-sektor lainnya, melalui 8 Aksi Konvergensi penurunan stunting,sebagai wujud komitmen masing-masing pelaku percepatan penurunan stunting di Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan pemenuhan indikator cakupan layanan tepat sasaran. Selain itu kami sangat apresiasi terhadap inovasi-inovasi dalam upaya penurunan stunting salah satunya dengan adanya kegiatan JSS yang merupakan inovasi baru yang dilakasanakan di tingkat Provinsi” lanjut Teguh dalam sambutannya.

Pada penyelenggaraan Jabar Stunting Summit hari ke 2 ini Gubernur Jawa Barat Bapak H. Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada TPPS Kabupaten Sumedang, Kota Bandung dan Kota Bogor sebagai terbaik pelaksanaan konvergensi penurunan stunting selain itu ada beberapa Kabupaten/Kota juga yang diberikan penghargaan atas dasar inovatif dan inspiratif. Diwaktu yang sama disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat“ melaui kegiatan JSS ini tentu besar harapan kami dapat meningkatkan komitmen kolaborasi seluruh unsur pemerintah dan elemen masyarakat dalam mempercepat Jabar Zero new stunting.

Baca Juga :   KLOIT TEY SERAN MENGECAM DODI DAN TIM YANG MENGANULIR DIRINYA SEBAGI LIURAI KE VX

“Mewujudkan Jawa Barat Zero Stunting sama dengan mengupayakan lahirnya generasi berkualitas di masa depan. Dampak keberadaan generasi berkualitas tidak hanya akan dirasakan oleh satu wilayah saja, juga berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia secara nasional,” tutur Teguh.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat.Dalam agenda JSS hadir pula Menteri Kesehatan R.I dan Kepala BKKBN-Pusat.

 

Hal-hal yang perlu kami sampaikan pada momentum pada Acara Jabar Stunting Summit (JSS) dan dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dapat dilakukan secara optimal dan sinergis. “Cegah Stunting Itu Penting untuk Generasi Indonesia Gemilang” pungkas Teguh.*** (Red/001-22). –