Jelang Nataru, Polres Sumba Barat Gelar Lat Pra Ops Pekat Ranakah 2021

Waikabubak-SJ………. Kepolisian Resor Sumba Barat menggelar Latihan Pra Operasi Penyakit Masyarakat (Lat Pra Ops Pekat) Ranakah tahun 2021 di Aula Mapolres Sumba Barat, Rabu (01/12/21) pagi.

Lat Pra Ops itu dipimpin oleh Wakapolres Sumba Barat Kompol Yulius Ola, Disertai Kabag Ops AKP Antonius Mengga dan diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU) Polres Sumba Barat serta personel Sumba Barat.

Dijelaskan Yulius, Ops Pekat Ranakah tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Operasi ini mewujudkan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat dapat menyambut Nataru dengan rasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Lanjutnya, Ia mengingatkan personel yang terlibat dalam kegiatan terkait cara bertindak saat melaksanakan tugas di lapangan.

“Pelaksanaan Operasi Pekat harus dengan kegiatan persuasif dan humanis, sebisa mungkin untuk menghindari masalah dengan masyarakat,” jelasnya.

Hal senada juga Antonius, ia mengatakan pada saat melaksanakn operasi harus sesuai dengan prosedur yang ada.

“Bertindak dilapangan harus sesuai dengan prosedur, jangan sakiti hati masyarakat, jadilah pelindung, pengayom dan pelayan yang baik dengan memberikan imbauan dan edukasi secara humanis,” ujarnya.

Ditempat terpisah, melalui Wakapolres, Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, SIK, MH, engingatkan personel terkait sasaran operasi yakni Senpi, Sajam, Miras, Obat–obatan terlarang serta petasan atau mercon dengan tetap tindakan humanis dan sesuai dengan peraturan peraturan–undangan yang berlaku.

“Tidak melakukan tindakan atau hal yang tidak dapat merugikan orang lain serta dapat menurunkan citra Polri dimasyarakat. Laksanakan tugas dengan hati-hati dan penuh rasa tanggung jawab,” tegasnya.

Pelaksanaan Operasi Pekat Ranaka tahun 2021 di wilayah hukum Polres Sumba Barat dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 01 sampai dengan 15 Desember 2021. *** (Yunia/002-21),-

Baca Juga :   Komsos, Cara Babinsa Koramil 1613-02/Walakaka Ingatkan Warga Patuhi Prokes COVID-19