IRCI MINTA PEMERINTAH PUSAT MENDUKUNG KEBIJAKAN PEGUNUNGAN BINTANG

by -92 views

Jakarta-SJ…….. Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua sebagai wilayah strategis dan terdepan NKRI berbatasan langsung dengan Papua Nugini wajib dipercepat pembangunan SDM, Infrastruktur dan pembangunan ekonomi berbasis kesejahteraan melalui partisipasi aktif orang asli pegunungan Bintang.

Rencana Pemerintah Pegunungan Bintang melalui Bupati dan Wabup Pegunungan Bintang Spei Bidana dan Piter untuk membuka dan membangun Universitas Okmin Papua di wilayah Perbatasan patut didukung total. Program lainnya adalah membuka isolasi di wilayah perbatasan melalui pembangunan infrastruktur baik jalan, bandara dan Pusat Penelitian serta Kebudayaan Okmin Papua patut didukung Pemerintah Pusat.

Demikian disampaikan oleh direktur Institute for Research, Consultation and Information of International Investment (IRCI),  Gabriel Goa kepada media ini di Jakarta Jumat (9/7/21) pagi. Dirinya menjelaskan rencana Pemerintah Pegunungan Bintang ini perlu didukung oleh Pemerintah Pusat.

“Belum lagi program investasi dan pemberdayaan ekonomi kreatif Pegunungan Bintang yang bisa mempercepat kesejahteraan rakyat Pegunungan Bintang di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini” ungkapnya.

Lebih lanjut Gaby menambahkan program strategis Bupati Spei dan Piter sangat didukung oleh IRCI dan siap mempromosikan Pegunungan Bintang baik di kanca  Nasional maupun Internasional. IRCI berkomitmen dan siap bekerjasama, pertama mendukung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Ristek segera memberikan izin dibukanya Universitas Okmin Papua dan bekerjasama dengan Kementerian PUPR membangun sarana prasarana Universitas Okmin Papua beserta Pusat Penelitian dan Apartemen bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Okmin Papua.

Kedua, mendukung Kementerian PUPR segera membangun jalan dan jembantan untuk membuka isolasi jalan darat di perbatasan Pegunungan Bintang. Ketiga, mendukung Kementerian Investasi dan Kementerian di bidang terkait untuk menjadikan Pegunungan Bintang sebagai Pilot Program percepatan ekonomi Papua untuk kepentingan kesejahteraan rakyat Papua khususnya Orang Asli Papua. *** (EMaN/016-21),-