Hadapi Pandemi Covid 19 Kodim 1613 Sumba Barat Gelar Donor Darah

Waikabubak-SJ…….  Dalam rangka  menghadapi pandemi Covid – 19 Kodim 1613 Sumba Barat menggelar kegiatan donor darah bersama PMI Sumba Barat pada Jumat, (03/04/2020) di halaman Makodim 1613 Sumba Barat.

 Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1613 Sumba Barat  Letkol Inf. Eko wardono,Pabung 1613 Sumba Barat Mayor Caj Mulyono, Para Danramil Jajaran Kodim 1613 Sumba Barat,Para Staf Kodim 1613 Sumba Barat,anggota staf dan Koramil jajaran Kodim 1613 Sumba Barat, ASN Kodim 1613 Sumba Barat, serta anggota PMI Waikabubak.

Dalam kegiatan donor tersebut Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. Eko Wardono mengatakan dalam rangka untuk membantu PMI hadapi pandemi Covid-19 kegiatan Donor Darah ini merupakan program TNI dari tingkat pusat hingga  sampai dengan tingkat daerah-daerah.

“Dalam rangka membantu PMI hadapi pandemi Covid-19 dengan harapan dapat membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah sebagai akibat social distancing untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia saat ini serta khususnya  di wilayah kabupaten Sumba Barat” ungkapnya.

Eko menjelaskan walaupun di wilayah kita belum  terdapat pasien yang positif terkena virus covid -19,  namun kita perlu waspada  dan  dalam pelaksanaan donor darah  tetap   memperhatikan pedoman pencegahan penyebaran covid-19 antara lain cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

“Saya atas nama Dandim 1613 Sumba Barat mengajak kepada anggota dan  PNS  Kodim 1613/SB untuk menyumbangkan darah kepada orang yang membutuhkan karena setetes darah dapat menyelamatkan  jiwa seseorang. Dan saya mengajak untuk kita semua  bisa menjadi contoh kepada masyarakat menggunakan masker” ungkap Eko.

Donor darah ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang merupakan kewajiban bagi umat manusia yang akan  mendapatkan pahala. Sedangkan menurut  kesehatan bila kita melaksanakan donor  akan  membuat sirkulasi  darah pada tubuh  kita sendiri.

Baca Juga :   Bupati Minta Razia Masker Digelar Kembali Satgas COVID-19/SBD

Dipnatau oleh media adapun golongan darah yang didonorkan adalah Golongan Darah “A” : 5 orang,  Golongan Darah “B” : 6 orang, Golongan darah “AB” : 4 orang, dan Golongan Darah “O ” : 15 orang.  Pelaksanaan donor darah selesai pukul 11:20 Wita dan diikuti oleh peserta donor sebanyak 30 orang.****

Liputan: Yunia Boling,-