GURU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA

Tema Hari Guru Nasional tahun 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Tema tersebut menegaskan bahwa profesi guru adalah profesi yang di dalamnya didasari dengan ketulusan hati untuk mendidik. Selain itu, tema tersebut juga berkaitan dengan semangat untuk memulihkan dunia pendidikan di situasi pandemi yang belum reda sepenuhnya saat ini.

Susanna Nisa Paubun, S.Pd., Sekretaris PGRI Sumba Barat dan guru SMPN 4 Waikabubak

Guru sosok sederhana dengan peran mewah, dari mereka kita tahu huruf, kata, kalimat, hingga makna, dari mereka, kita tahu Angka 0, deretan angka, kali, bagi, tambah, dan kurang hingga logika, dari mereka, kita tahu sejarah, alam semesta, hingga jazad renik, dari mereka, kita tahu puisi dan prosa, hingga filsafat, dari mereka, peradaban direkacipta.

Mereka bangun pagi, berjalan, masuk kelas, bertarung dengan kapur tulis dan papan besar hitam membuat patung manusia dapat bernyawa. Mereka mencari cara agar anak murid dapat mengeja dan membaca dengan tepat ketika ada huruf mati berurutan, mereka berkampanye tentang cuci tangan, memungut sampah, hingga menanam pohon.

PGRI Kabupaten Sumba Barat, saat perayaan HUT ke-76 PGRI

Kembali ke rumah, menilai satu per satu kemajuan anak murid dan menyiapkan rencana ajar untuk esok harinya. Mereka, umumnya punya dompet yang aduh Mak, namun visi yang aduhai, dalam kerumunan penting, mereka kadang terabaikan, namun kalau ada yang tahan kelas mereka jadi bahan gunjingan.

Anak berprestasi ditanya siapa orang tuanya, anak nilainya jelek ditanya siapa gurunya, mereka adalah sosok yang mesti digugu dan tiru. Banyak terimakasih untuk Bapak dan Ibu Guru.  keluarga besar Suara Jarmas mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional ke-76. *** (Red/001-21),-

Baca Juga :   Dinas Pendidikan Sumba Barat Melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan YLAI
error: Content is protected !!