DANDIM 1629/SBD SAMBANGI USKUP WEETABULA

Tambolaka-SJ………… Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Alfat Deny Andrian lakukan kunjungan silaturahmi dengan Uskup Weetabula, P. Dr. Edmund Woga, CSsR di Keuskupan Weetabula, Desa Kalena Wanno Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Selasa (4/1/22).

Dalam kunjungan tersebut Dandim 1629/SBD memperkenalkan diri sebagai Dandim 1629/SBD yang belum lama bertugas di SBD, dan melakukan diskusi serta minta petunjuk Uskup Weetabula dalam menjalankan tugasnya untuk mendukung Pemerintah SBD serta membangun sinergisitas TNI dengan Pemuka-pemuka agama di SBD untuk mewujudkan SBD yang aman, nyaman dan damai.

Dalam kesempatan itu Uskup Weetabula, P.  Edmund Woga, CSsR, menceritakan situasi SBD sebagai Kabupaten yang mekar dari Sumba Barat dan sedang dalam masa pertumbuhan. Dirinya juga banyak bercerita mengenai situasi masyarakat dan budaya SBD.

Uskup Weetabula merasa senang sekali dengan kedatangan Dandim 1629/SBD untuk sama-sama berbincang dan berdiskusi tentang tugas dan pekerjaan yang dilaksanakan  bersama untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan umat.

Dandim 1629/SBD yang ditemui awak media usai berdiskusi dengan Uskup Weetabula mengatakan kunjungannya dalam rangka silaturahmi dengan Uskup Weetabula merupakan kewajiban bagi dirinya untuk menemui tokoh masyarakat, tokoh agamam guna menjalin komunikasi untuk mendapatkan masukan, petunjuk serta serta bimbingan  yang dapat membantu dalam pelaksanaan tugasnya ke depan.

Dandim 1629/SBD juga memberi apresiasi yang luar biasa atas kerukunan umat beragama yang terjalin sangat bagus dan harmonis di SBD. Sikap toleransi dan kerjasama antar umat beragama di SBD  sudah terjalin sangat bagus serta saling menghargai antara satu dengan yang lainnya.

“Kami membuktikan sendiri pada perayaan Natal dan Tahun Baru yang lalu dimana kerjasama dan toleransi antara umat Bergama sangat bagus di SBD. Seluruh perayaan Natal di SBD berjalan dengan aman dan damai berkat dukungan semua pihak, termasuk umat agama lain (Islam dan Hindu) ikut terlibat dalam menjaga pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja” ungkapnya.

Baca Juga :   Pelatihan Wirausaha Untuk Mendorong Kemajuan Kaum Muda

Dirinya berharap toleransi dan kerukunan ini terus terjaga dengan baik dan berlanjut hingga ke depannya demi mewujudkan SBD yang aman, nyaman dan damai.

Sementara itu Uskup Weetabula, P. Dr. Edmun Woga, CSsR merasa bersyukur sekali dengan adanya kunjungan orang nomor 1 Kodim 1629/SBD ini di Keuskupan Weetabula.

“Saya senang dekalil dengan kunjungan Dandim 1629/SBD ini, sehingga kita bisa sama-sama bertukar pikiran mengenai tugas dan pekerjaan kita masing-masing demi kesejahteraan masyrakat SBD dan umat Katolik” tuturnya.

Uskup Weetabula juga memberi apresiasi yang luar biasa pada Kodim 1629/SBD yang sudah banyak berbuat yang terbaik demi kepentingan masyarakat SBD, seperti adanya dukungan Pompa Hydram, rehap gereja dan bahkan keterlibatan TNI yang sangat aktif untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di SBD.

“Kita berterima kasih sekali bahwa di SBD ini kita dibantu dengan sangat bagus oleh Kodim 1629/SBD, Polres SBD  dan juga macam-macam lembaga lain, sehingga sama-sama kita berusaha untuk wujudkan yang kita cita-citakan bersama supaya masyarakat menjadi di lebih sejahtera baik dalam bidang jasmani maupun rohani” jelasnya.

Uskup Weetabula juga menjelaskan bahwa Gereja Katolik juga sudah melakukan upaya-upaya untuk membantu peningkatan ekonomi dan SDM umat melalui Credit Union, lembaga pendidikan mulai dari tingkat rendah sampai dengan Perguruan Tinggi. Semua itu dimaksudkan sebagai sarana  yang membantu masyarakat di SBD secara khusus bahkan masyarakat Sumba secara umum. Sehingga bisa mendapatkan orang Sumba  yang dapat berpikir lebih terbuka untuk maju ke depan baik dalam bidang rohani maupun dalam pendidikan jasmani.

Pantauan media ini diskusi antara Dandim 1629/SBD dengan Uskup Weetabula yang berlanjut kurang lebih 90 menit berjalan penuh ramah, akrab dan membangun kesepakatan bersama untuk menciptakan masyarakat SBD yang sejahtera baik jasmani maupun rohani. *** (Octa/002-21),-