CARA GGD MENGEDUKASI ANAK NEGERI

Kodi Utara – SJ………………..Dalam upaya  untuk memotivasi anak-anak sekolah dan masyarakat tentang pentingnya pendidikan, Guru Garis Depan (GGD) yang ditugaskan di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melaksanakan kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN) dengan mengambil tema “Mewujudkan Generasi Gemilang Indonesia” yang dilaksanakan di SD Inpres Liango Malagho, Desa Limbu Kembe, Kecamatan Kodi Utara Senin,(12/11/2018).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dra.Yohana Lingu Lalo dan dihadiri oleh Kepala Desa Limbu Kembe, beberapa kepala sekolah, 40 siswa yang terdiri  dari 20 siswa SD Inpres Liango Malagho dan 20 dari SD undangan serta sekitar 299 GGD  yang ada di kabupaten SBD.

Kepala Dinas P dan K Dra.Yohana Lingu Lalo dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat  dan sangat baik untuk dilaksanakan setiap tahun. Ia juga menjelaskan bahwa dengan keberadaan GGD jangan menjadikan tenaga kontrak maupun honorer menjadi tersaingi, namun harus bisa bersinergi dan bekerja sama dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ini bisa memotivasi anak-anak didik  kita untuk terus bersemangat dalam belajarnya dan saya harap bisa dilaksanakan setiap tahun. Harusnya kita ini banyak belajar dari GGD karena banyak hal yang bisa kita buat bersama dengan guru GGD jangan merasa cemas atau tersaingi dengan keberadaan GGD tetap justru bagaimana bekerja sama untuk saling melengkapi demi mewujudkan generasi yang gemilang di Indonesia khususnya di daerah kita ini nantinya” ucap ibu kadis.

Sementara itu ketua pelaksana Hery Irawadie Rahman S.Si yang ditemui media ini menjelaskan bahwa program tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat memotivasi siswa di daerah 3-T dalam mengembangkan kretifitasnya.

Baca Juga :   WLF SELENGGARAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS GURU SD

“Progam ini merupakan salah satu bentuk pengabdian diri kepada masyarakat yang nantinya mampu memotivasi  siswa dan sekolah-sekolah lain yang ada di  SBD ini”ungkapnya.

Lebih Lanjut Hery mengatakan bahwa kegiatan tersebut  bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, melestarikan budaya lokal, menanamkan pendidikan karakter  dan literasi, membiasakan perilaku hidup sehat, serta menumbuhkan semangat dan motivasi  bagi siswa.

“Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme bagi siswa melalui kegiatan upacara bendera, melestarikan budaya lokal melalui acara menari oleh siswa, menanamkan pendidikan karakter, literasi, dan mengembangkan kreativitas siswa melalui kelas inspirasi yang mencontohkan bagaimana mengajar secara asyik, nyaman dan tidak monoton serta nantinya ada juga kelas inovasi yaitu untuk membagikan pengalaman kita kepada guru-guru lokal serta berbagi pengalaman dengan sesama guru GGD,” ucap Hery menjelaskan.

Pantauan media, siswa-siswi dan guru-guru yang mengikuti kegiatan ini nampak riang dan bersemangat  dalam disetiap sesi yang dilaksanakan. Acara dilaksanakan mulai pukul 10.00 sampai pukul 16.30 Wita. (JNL),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.