Bupati SBD Lantik 47 Kepala Desa Secara Serentak

Tambolaka-SJ…… Sebanyak 47 orang Kepala Desa hasil pemilihan serentak Pilkades 30 Juni 2021 yang lalu dilantik oleh Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) di aula Bupati Puspem Kadula Desa Kadipada Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Senin (10/1/22).

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete (kanan) saat menandatangi Pakta Integritas Kerja Kepala Desa Terlantik

Hadir dalam acara pelnatikan ini Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, S. H.,S.I.K.,M.H., Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Alfat Deny Andrian, Wakil Ketua I DPRD SBD, H. Syamsi P. Golo, ST., Pj Sekda SBD, Fransisku M. Adilalo, S.Sos, Asisten Bupati, pimpinan OPD, Camat dan keluarga kepala desa terlantik.

Dalam sambutannya usai menandatangani Pakta Integritas, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete mengatakan baru kali ini pelantikan Kepala Desa sebesar ini.

“Hanya kali ini saja dan tahun ini saja. Ada 47 orang,  jumlah yang sangat banyak dan serentak di aula ini. Tadi para kepala yang dilantik dan sudah menandatangani  Pakta Integritas kerja sesuai dengan aturan demi mewujudkan desa yang baik sehingga terwujud bumi Loda Wee Maringgi Pada Wee Malala yang sejahtera, “ ungkapnya.

Bupati SBD menegaskan, Kepala Desa harus menyelesaikan masalah bukan membuat masalah. Masyarakat begitu rindu mendapatkan pemimpin di desa,  yang dibuktikan dengan peristiwa pemilihan dimana semua berbondong-bondong memilih calon kepala desanya dan lahirlah pemimpin yang hari ini di lantik.

“Jadikan rumah warga menyala, jadikan masyarakat tidak kekurangan air, jadikan masyarakat mandiri pangan, jadikan masyarakat aman tentram, dan jadikan masyarakat Cerdas dan sehat” tegasnya.

Salah satu kepala desa terlantik yang ditemui media ini, Rofinus  Gheru Kaka, Kepala  Desa Kalena Ronggo Kecamatan Kodi Utara mengatakan, ia  akan programkan dalam tahun ini penerangan dan air bersih.

Baca Juga :   RUMAH JANDA DISERANG DAN DIRUSAK OLEH SEKELOMPOK ORANG
Camat Kodi Utara, Heribertus D. Hakalolu, S.Sos (kiri) dan Kepala Desa Kalena Ronggo, Rofinus Gheru Kaka

“Untuk keberlanjutan pembangunan desa saya akan membangun sinergitas antara BPD, Kecamatan, Kabupaten dan pihan lain baik dari LSM maupun yayasan untuk bersama-sama  membangun Desa” tuturnya.

Sementara itu Camat Kodi Utara, Heribertus D Hakalolu, S.Sos., menitipkan  pesannya  untuk ke-6 desa yang dilantik dari wilayah Kecamatan Kodi Utara,  agar selalu bersandar pada perintah dan ajaran Tuhan dalam memimpin desa-desanya.

“Sesuai pesan para Rohaniawan, selalu takut akan Tuhan. Saya yakin program desa akan berjalan secara maksimal” ujar Camat Kodi Utara.

Demi keamanan dan kenyamanan, dirinya juga minta kepada para kepala desa terlantik agar tidak pawai maupun tidak membuat pesta yang berlebihan untuk menjaga keamanan dan ketertiban wilayah.

“Setelah pulang dari sini kepala desa harus rangkul semua warga masyarakat. Pilkadesa sudah selesai jangan ada lagi yang kotak-kotak. Semua harus bersama-sama membangun desa. Resiko demokrasi adalah kalah dan menang. Siapa yang punya suara terbanyak dialah pemenang. Kepala desa adalah pemimpinnya semua masyarakat” tegasnya.

Pantauan media ini pelaksanaan pelantikan Kepala Desa secara serentak ini berjalan lancar dan tidak berlangsung lama dan mematuhi anjuran protocol kesehatan. Usai dilantik para kepala desa terlantik kembali ke desa masing-masing tanpa adanya rombongan pawai sebagai ungkapan kegembiraan. *** (Octa/Emil/Muel-SJ-22),-