Bupati SBD Edukasi 77 Penumpang KM EGON Asal Lembar NTB

Tambolaka-SJ….. Bupati kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete memberikan edukasi pencegahan covid-19 pada 77 penumpang KM Egon dari Lembar NTB yang sandar di pelabuhan Weekelo Kecamatan Kota Tambolaka  SBD Selasa (21/4/20) di posko satgas covid-19 Galatama SBD.

Didampingi Team pencegahan covid-19 Bupati Kornelius memberikan arahan tentang pencegahan virus corona bagi 77 penumpang KM Egon yang berasal dari daerah merah covid-19.

“Kalian tidak tersinggung khan kalau kita menganggap kalian diduga sudah positif corona, kalian-kalian ini pasti sembuh saya yakin itu tetapi yang jadi masalah apabila menular ke keluarga kita yang usianya di atas 60 tahun, atau  yang sudah mempunyai riwayat penyakit lain seperti ginjal, darah tingggi, gula dan lain sebagainya. Mereka inilah yang rentan dan dekat kematian tersebut” ungkap Bupati Kodi Mete.

Lebih lanjut Bupati SBD menjelaskan cara untuk mencegah penyebaran covid-19 adalah dengan melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Menjaga jarak selama masa karantina tersebut dan selalu hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dan istirahat yang cukup. Bila dirasa ada gejala-gejala agar segera menghubungi satgas covid-19 di tingkat desa atau kecamatan masing-masing.

“Untuk sementara ini kebiasaan kita orang Sumba yang cium hidung hentikan dulu, menjaga jarak didalam rumah, selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun. Masa inkubasi covid-19 adalah 14 hari jika kita sudah lewati itu berarti kita sudah sehat” tuturnya menjelaskan.

Bupati Kodi Mete juga menghimbau agar ke-77 orang ini juga memberikan edukasi yang sama setelah tiba di tempatnya masing-masing nanti.

“Anda-anda ini sudah mengerti lebih tahu dari keluarga kita di kampung, kalianlah yang menjadi contoh dan memberi mereka pelajaran bagaimana upaya-upaya untuk memutus mata rantai covid-19 ini” katanya.

Baca Juga :   PMKRI Waingapu Ajak OKP Se-Sumba Timur Diskusi Sumpah Pemuda

Pantauan media turut hadir juga dalam memberikan edukasi pada 77 orang penumpang tersebut kadis kesehatan drg. Yulianus Kaleka, Asisten 1  Fransiskus M. Adilalo, S.Sos, tim komunikasi covid-19, anggota Kodim 1629/SBD, Kasubag Umum SBD, dan beberapa orang dokter dari dinas kesehatan.

Data terakhir perkembangan Covid-19 yang dihimpun oleh tim satgas covid-19 SBD per 23 April 2020 adalah Pelaku perjalanan dari daerah/area terjangkit covid-19 adalah 2.895 orang, Total ODP 194 orang, ODP yang sembuh setelah dipantau 91 orang, ODP yang masih dipantau 103 orang, PDP = 0 dan positif corona = 0. *****

Liputan: Octav Dapa Talu,-