Bupati Niga Janji Pecat Kades

Wikabubak-SJ., Jumat, 29 Desember 2017 Bupati Sumba Barat Drs. NigaDapaWolemengambilsumpahjanjidanmelantikankepalaDesa di Kab. Sumba Barat sebanyak 45 orang darikepaladesapergantianantarawaktu (PAW) sebanya 2 orang dan 43 kepaladesaterpilih.Pelantikankepaladesaterpilihdan PAW di Aula Bupati Sumba Barat padapukul 10:00 witasampaidengapukul 12:00 witaberjalandenganlancar.

Bupati Niga beserta Wakil Bupati Kab.Sumba Barat,Kapolres dan Dandim Sumba Barat
Bupati Niga beserta Wakil Bupati Kab.Sumba Barat,Kapolres dan Dandim Sumba Barat

Dari 45 orang kepaladesaterlantikhariiniterbagiatasduasisiyaitukepaladesaterpili 43 orang dari 6 kecamatandikabupaten Sumba Barat dan 2 orang kepaladesa PAW darikec. Lamboyadankec.TanaRighudan 43 kepaladesaterpilidari  6kecamatanYaknikecamatankotaWaikabubak, kec. Loli, kec.Wanukaka, kec.Lamboya, kec.Lamboya Barat, dankec. TanaRighu.
PengambilansumpahdanpelantikankepaladesadisaksikanolehWakilBupatiMarthenNgailu Tony, Kapolres Sumba Barat AKBP MOh. Erwin, Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. FifinZudiSaifudin, seluruhinstansiPemdaSumba Barat dankeluargadaripihakkepaladesa-kepaladesaterpilihatauterlantiksertaseluruhpendukungdarimasing-masingkepaladesa. Dari 45 kepaladesaterlantikterdiriatas 42 orang laki-lakidan 3 orang perempuan.
BupatiNigadalamsambutannyamengatakankepadaparakepaladesa, untukmendukungpembangunandaerah, menyesuaikandiridenganjabatan. ADD dipergunakansebagaimanamestinya & sesuaidengankebutuhanmasyarakat. Kepaladesaharusmengayomimasyarakat, merangkulseluruhmasyarakat.
BupatiNigajugamenagaskan agar kepaladesaharusmenjadipribadi yang proaktifberusahamengertidengan orang lain dandimengertioleh orang lain. Segerahmenjalinkomonikasidankordinasidenganseluruhstake holder yang terdapatdimasyarakatdesasertasegeramenyusun RPJ desa, RKP desabersama DPD & masyarakatdesa.
BupatiNigajugamenghimbauparakepaladesamelakukanperombakanperangkatdesa lama ataupemberhentianperangkatdesa yang tidaksesuaiperaturanperundang-undangan.
Waspadadanjelidalampenggunaan ADD agar terhindardarikesalahan yang akanmerujukketindakpidanakurupsi, Kepaladesaharuspahambenardalampengelolaandanadesaataumekanismenyadariperencanaan, penggunaan & pertanggungjawabannyaungkapnya.
LebihlanjutujarNiga, apabiladalampertanggungjawabannyatidaksesuaimakaadasanksinya. Memintaparakepaladesa agar tidaklagiberkantor di rumahtetapipergunakanlahkantordesasebagaitempatpelayananmasyarakat. Tidakdiijinkanparakepaladesasetiaphariberadadiwilayakotadengantujuanpendekatanataulobiterhadapkontraktor-kontraktor. Para kepaladesadilarangmiras, judidanberuhutang yang akanmerugikandirisendiri.
Jagakepercayaanmasyarakatdengancarabertindakjujurdanbertanggungjawabkarenasayatidakakansegan-seganmemberhentikansaudara (parakepaladesa) apabilamelakukanhal-hal yang tidaksesuaidenganaturanperundang-undanganmeskipunsaudara (parakepaladesa) samaseperti kami bupatidanwakilbupati yang dipilihlangsungolehmasyarakatucapnyategas.
Salahsatukelapadesaperempuanan Magi DialaNono yang ditemui media usaipelantikanmengatakanbahwatidakterlalusenangataubiasasajakarenainiadalahbebanbesarbaginya, bagaimanabisamensejahterakanmasyarakatkarena yang menjadi program utamanyakedepanadalahmensejahterakanmasyarakat.
Lain halnyadenganKepaladesaKarekaNduku Utara, David Awangyangmenyatakanbahwasangatsenangkarenadirinyasudahsahmenjadikepaladesadanmerasasangatsenangluarbiasakarenabarupertama kali kepaladesadilantikdiaulaBupatidenganberpakainsemuahserbaputih.
David mengatakanbahwa program yang menjadiperioritasnyaadalahjalan-jalandusunataujalan-jalankampung agar lancarnyaaktivitasmasyarakatdanpemerintahdalampembangunandesadan lain-lain. Iajaugasepakattidakakanmenggantikanperangkat lama yang mempunyaikemampuandanbisabekerjasamadenganpemerintahdesa demi pembangunandesatetapiapabilaadaaparatdesa yang memilikikemampuannamumtidakbisabekerjasamadenganpemerintahdesameskipunkeluargaataupunpendukungdanataupunlawanpolitik, dirinyaakankonsultasikandengancamatdanbahkanBupatiuntukmencarikansolusinya, karenadirinyamembutuhkanteman (aparat) yang salingmendukungdanbergandengantanganuntukmembangundesa.
Hal senadajugadiungkapkanolehKepaladesa Manu KukuDominikusBukakepada media bahwadirinyasangatbahagiakarenahariiniadalahsejarahbagikepala-kepaladesabahwapelantikanpertamakalidilakukandiaula Bupatidenganseragam yang serbaputihdanterlebihkhususnyabahwa yang melantik kami adalahbapakbupatisendiri.
Prioritassayasesuaidenganvisidanmisisayatidakadamengantiaparat lama yang walaupunlawanpolitik, asalkankerjanyabagus.untukmembangundesadanmensejahterakanmasyrakattuturnya.
LebihlanjutDominikusjugamengatakanbahwadirinyamengutamakanaparataparatdesa yang bisabekerjadenganhatinuridantulus yang bisabekerjasama demi pembangunandesa.
sayatidakmengutamakanperangkat yang memilikikemampuantetapitidakbisabekerjasama, tetapi yang sayautamakanadalahaparat yang bisabekerjasamawalaupunmemilikikemampuanyang pas-pasan, masalahkemampuanpasti kami akanmendapatbimbingandanpelatihandariPemdatutupnya. (JB/EB),-

Baca Juga :   SUMBA TIMUR REBUT PENGHARGAAN IGA KATEGORI TERTINGGAL

Leave a Reply

Your email address will not be published.