BINDA NTT GENCAR LAKUKAN VAKSINASI DI SBD

Tambolaka-SJ……. Badan Intelijen Negara Daerah Nusa Tenggara Timur (Binda NTT) kembali melaksanakan Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dengan sasaran pelajar penerima vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua secara terpusat di SMA Katholik St. Maria Homba Karipit, Desa Homba Karipit, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Kamis (16/12/21).


Kagiatan vaksinasi kali ini dihadiri langsung oleh Kabinda NTT, Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho, S.Sos.Kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerjasama Binda NTT dengan Dinkes SBD, Kodim 1629/SBD dan Polres SBD.
Dinkes SBD mengerahkan sejumlah 24 orang tenaga kesehatan yang terbagi menjadi 2 Tim dari Puskesmas Kori dan Puskesmas Bila Cenge. Total capaian untuk pelajar dosis pertama dan kedua berjumlah 1.043 orang pelajar dari SMA St Maria Homba Karipit dan SMP Wano Kaka serta masyarakat setempat.
Sebelumnya, Binda NTT juga telah melaksanakan kegiatan vaksinasi di SBD pada bulan November yang terpusat di 2 titik yaitu SMK Iceya Ndaha dan Kantor Desa Bondo Boghila, serta dilanjutkan pada bulan Desember yang terpusat di 5 titik yaitu SMP/SMA Marapati, SMAN 1 Wewewa Timur, SMPN 1 Kota Tambolaka, SMP 2 Wewewa Selatan dan SMP 2 Wewewa Tengah, sehingga total capaian keseluruhan sekitar 5.500 orang yang terdiri dari pelajar dan masyarakat, baik dosis I dan Dosis II.


Pemerintah saat ini sedang fokus dalam menghadapi masuknya Virus COVID-19 jenis varian Omicron di Indonesia, oleh karena itu untuk melawan jenis virus tersebut salah satunya dengan upaya percepatam vaksinasi nasional menuju kekebalan komunal.
Saat ini persentase capaian vaksinasi Kabupaten SBD sudah mencapai 67 % untuk Dosis I sedangkan Dosis II yaitu 35 %. Harapannya, dengan percepatan caksinasi yang dilakukan dapat mencapai 70 % sebelum hari raya Natal dan Tahun Baru 2022.
Adanya kegiatan vaksinasi juga ditujukan sebagai dukungan terhadap program pemerintah terkait Vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan _Herd Immunity atau kekebalan komunal. Di sisi lain, kegiatan vaksinasi terhadap pelajar sebagai bentuk dukungan agar proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) segera dilaksanakan di seluruh sekolah se-Kabupaten SBD. Selain itu, mengingat banyaknya potensi wisata di SBD, vaksinasi yang dilaksanakan diharapkan dapat memberi dampak terhadap bangkitnya sektor pariwisata dan perekonomian.
Hadir dalam pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMA Katholik St. Maria Homba Karipit, Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho, S.Sos. (Kabinda NTT), Ery (Kepala Puskesmas Kori), Margaritha (Kepala Puskesmas Bila Cenge), drg. Rulya (Dokter Puskesmas Kori), dr. Sri Marnita Siagian (Dokter Puskesmas Bila Cenge) dan Romo Christo Ngasi (Kepala SMA Katholik St Maria Homba Karipit. *** (Red/001-21),-

Baca Juga :   Kecamatan Kodi Utara dan Wewewa Barat Termiskin di SBD