BERTAMBAH 573 PEMILIH SBD MENJADI 230.303 ORANG

Tambolaka-SJ…… Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) kembali menggelarRapat Koordinasi Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan IV pada Senin, (20/12/21) yang dipimpin oleh Ketua KPU SBD Mikael Bulu, SH dan didampingi oleh Anggota Komisioner dan Sekretaris KPU SBD.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua dan Anggota  Bawaslu Kabupaten SBD, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten SBD, Kasat Intel Polres SBD dan anggota, Komandan Unit Intel Kodim 1629/SBD dan anggota,  serta pimpinan/perwakilan partai politik.

Eni Pangas Tuti selaku Ketua Divisi Program dan Data menyatakan bahwa, selama Triwulan IV (Oktober – Desember), jumlah potensi pemilih baru mencapai 573 orang, yang merupakan akumulasi dari Bulan Oktober 343 orang, Bulan November 108 orang dan Bulan Desember 122.

Sedangkan pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 62 orang merupakan akumulasi dari bulan Oktober 13 orang, Bulan November 45 orang dan bulan Desember 4 orang. Sehingga jumlah pemilih di Kabupaten SBD sampai dengan akhir bulan Desember 2021 mencapai 230.303 orang, yang terdiri dari pemilih Laki-laki 117.848 orang dan pemilih perempuan 112.455.

Sementara itu Ketua KPU SBD, Mikael Bulu, SH mengatakan bahwa data rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan IV bersumber dari laporan masyarakat, Tim COVID-19 Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya dan hasil penelusuran internal.

“KPU Kabupaten SBD terus berusaha membangun komunikasi dengan berbagai pihak diantaranya dengan menyurati Rumah Sakit Karitas Waitabula, RSUD Waikabubak dan RSK. Lende Moripa Waikabubak untuk mendapatkan data pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang meninggal dunia” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan tentang Draft Tahapan Pemilu Tahun 2024 terkhususnya tentang Kegiatan Pendaftaran, Verifikasi, Penetapan Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024 yang disampaikan oleh Hyronymus Malelak, ST selaku Ketua Divisi Teknis.

Baca Juga :   Toni-Agus Minta Waktu 1 Tahun Untuk Jadikan Waikabubak Kota Terbersih

Dalam penyampaiannya Hyronymus berharap agar Partai Politik betul-betul mempersiapkan dengan baik berbagai hal yang berkaitan dengan verifikasi parpol, sehingga pada pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar. *** (Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Humas KPU SBD),-