BAKTI SOSIAL UNITRI MALANG, IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA

Malang-SJ…………… Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan Bakti Sosial pada Rabu (26/1/22) di dalam kampus  UNITRI dan di luar kampus yang meliputi RT 05,06,07 RW 06 Kelurahan  Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kegiatan Bakti Sosial yang dipimpin oleh dosen UNITRI Malang, Agustinus Ghunu, SE., M.MA.,. M.AP., ini bertujuan untuk terus membumikan Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Turut mendamping dan ikut bersinergi dengan Agustinus Ghunu, SE., M.MA., M.AP., dosen lainnya yaitu M.N. Romi A.S., SH., M.Kn dan Ir. Rikawanto Eko Muljana, SP.  Sedangkan salah satu tim coordinator dari kalangan mahasiswa adalah Albertina Nesta Bani,  mahasiswa semester IV dari Prodi Keperawatan.

Agustinus Ghunu yang dihubungi media ini usai kegiatan mengatakan bakti sosial itu dalam rangka implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata bersama dengan mahasiswa. Kegiatan bakti sosial ini sifatnya bertahap, sehingga yang dilibatkan kemarin tidak semua dari kalangan mahasiswa.

Karena situasi masih pandemi, maka mahasiswa yang dilibatkan hanya 200 orang, panitia dari mahasiswa dari semua fakultas ada 20 orang yang ikut dalam bakti sosial ini. Kegiatan ini sendiri sebagai sarana bagi mahasiswa dalam melihat kehidupan nyata dalam masyarakat di luar kampus.

Agus menjelaskan kegiatan Bakti Sosial ini mendapat respon positif dari kalangan masyarakat. Masyarakat setempat dan pengurus RT/RWnya mengharapkan adanya keberlanjutan kegiatan. Bahkan masyarkat siap terlibat dalam kegiatan bakti sosial tersebut.

“Pengurus RT/RW dan masyarakat setempat berharap kegiatan seperti ini diselenggarakan pada hari Sabtu atau Minggu, sehingga mereka bisa ikut terlibat. Intinya masyarakat memberi apresiasi positif kegiatan bakti sosial kemarin” ungkap dosen  dan staf Sekretaris Pusat Studi Wawasan Kebanngsaan (PUSDIWASBANG) UNITRI Malang ini.

Baca Juga :   Perda Perubahan APBD 2020 Sumba Tengah Ditetapkan

Agus melihat segi positifnya dari kegiatan Bakti Sosial ini, para mahasiswa bisa secara langsung berinteraksi dengan masyarakat, bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat dan lingkungan-lingkungan sosial di luar kampus.

Agustinus Ghunu (depan menghadap kamera) saat memberikan arahan sebelum kegiatan Bakti Sosial

“Kegiatan seperti ini kita perlu lakukan terus, supaya adik-adik mahasiswa tidak hanya di dalam ruangan kelas mendapat terori-terori, tetapi secara langsung mempraktekan di masyarakat, dapat berinteraksi dan melihat kehidupan nyata masyarakat” jelasnya.

Dirinya juga berharap bagi para mahasiswa, agar benar-benar memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa persaudaraan para generasi muda sebagai penerus bangnsa.

“Seringkali disebutkan bahwa kaum muda sekarang adalah agen perubahan yang membawa perubahan bagi negeri ini, tetapi tetap konsisten memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan mengimplementasiakn dalam kehidupan mereka dimanapun mereka akan mengabdi, akan bekerja setelah lulus dari UNITRI Malang:” pungkasnya. *** (Red/001-22),-