BABINSA KODIM 1629/SBD TURUT MENDIDIK ANAK-ANAK DI DESA

Tambolaka-SJ…….. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, kalimat tersebut mungkin sering kita dengar, yaitu bunyi sila ke 5 yang terdapat dalam Pancasila. Kalimat tersebut pendek, namun memiliki makna yang luas, tak hanya soal kedudukan di mata hukum dan ekonomi, tapi juga penting dalam pendidikan.

Dan dibandingkan dengan di wilayah perkotaan, pendidikan di wilayah pelosok Indonesia di bagian timur seperti di daratan Pulau Sumba masih jauh tertinggal. Maka kemudian muncul Wacana untuk mengirimkan para guru ke daerah pelosok-pelosok di seluruh tanah air dan termasuk para *BABINSA* yang ada dijajaran Koramil yang tersebar didaerah pedesaan dan perkampungan.

Dan hal itu telah dilakukan oleh anggota dari Koramil 01/Laratama Kodim 1629/SBD ikut membantu berjuang untnk mendidik anak-anak yang ada di pedesaan tepat nya di Omboloko desa Ramadana kecamatan  Laura kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)  provinsi  Nusa Tenggara Timur.

Serka Dennis Dias Dosantos anggota koramil 02/Laratama adalah salah satu babinsa yang ikut serta dalam berjuang dalam bidang pendidikan dan menjadi guru bagi anak anak di desa binaanya.

Tuturnya, bahwa salah satu tugas babinsa adalah melaksanakan tugas teritorial dan berperan serta ikut aktif untuk memajukan pendidikan anak-anak yang ada di pedesaan karena mereka juga punya hak untuk menimba ilmu dan menjadi manusia yang pintar.

Namun di desa-desa sarana dan prasarananya  belum cukup memadai dan tempatnya yang jauh, sehingga Serka Dennis sering mendatangi rumah mereka agar anak-anak tersebut tetap bisa belajar sehingga tidak ketinggalan dalam hal pendidikan. **** (Team-SJ),-

Baca Juga :   UNITRI MALANG PEDULI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS