​Verifikasi Faktual PBB Lolos Memenuhi Syarat

Waikabubak-SJ., Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik peserta pemilu tahun 2019 oleh KPU berakhir pada Kamis, 1 Februari 2018 secara nasional. Demikian pula halnya dengan PBB yang diverifikasi pada hari terakhir tersebut, kesibukan pengurus partai dan anggota PBB di sekretariatnya Waikabubak  nampak mulai melakukan persiapan dari pukul 14.12 Wita untuk menunggu kehadiran KPU dan Panwaslu yang akan melakukan verifikasi partai.
Pada pukul 15.48 Wita petugas KPU dan Panwas kabupaten Sumba Barat yang berjumlah 8 orang yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Sumba Barat  Rudolf Godlief Dimu, SE Dan ketua Panwaslu Pdt. Papy Djurumana, S.Th tiba di sekretariat PBB dan setelah berdialog sedikit langsung melakukan verifikasi untuk kepengurusan inti dan anggota PBB sebanyak 8 orang yaitu 5% dari total data anggota yang terdaftar di sipol 145 orang. 

Pengurus dan anggota PBB Sumba Barat yang siap diverifikasi ada 12 orang sehingga otomatis dinyatakan lolos karena melebih target yang diharapkan. 

Kepada media Yasir Arafat ketua DPC PBB Sumba Barat mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mengikuti verifikasi tersebut, segala kelengkapan administrasi maupun anggota sudah siap untuk mengikuti verifikasi tersebut. 

“kami bersyukur dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan kami tinggal bekerja keras untuk menghadapi Pemilu tahun 2019 nanti” ungkapnya.

Lebih lanjut Yasir juga mengatakan untuk menghadapi pemilu legislaltif nanti, pihaknya melakukan konsolidasi internal partai, sehingga kesiapan semua PAC hingga ke ranting-ranting sudah siap untuk mengikuti Pemilu nanti. 

“memang kami tidak mempunyai dana, karena bisa dimaklumi partai kami masih non sheet, tetapi semangat dan kemauan PBB sudah bulat dan kami pasang target untuk memperoleh 2 kursi pada pemilu legislative nanti” tuturnya lebih lanjut. 

Baca Juga :   PSI Kabupaten SBD Dukung Kader Muda Laka Lena

Pantauan media PBB kabupaten Sumba Barat yang dipimpin oleh ketua Yasir Arat, Sekretaris Marselinus S. Mega dan Bendahara Nurhayati M. Kaeni ini layak dinyatakan MS oleh KPU karena keseriusannya sudah sangat siap unutk mengikuti Pemilu tahun 2019 nanti.
PBB SBD Lolos Memenuhi Syarat

Hal yang sama juga dirasakan di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dimana PBB dinyatakan lolos verifikasi factual oleh KPU pada Kamis, 1 Februari 2018 pukul 15.20 Wita di secretariat PBB SBD jalan Merpati kelurahan Langga Lero kecamatan Kota Tambolaka SBD. 

Komisioner dan anggota KPU yang berjumlah 6 orang dan 2 orang dari Panwaslu yang melakukan verifikasi menyatakan PBB SBD lolos memenuhi syarat. Syarat 5%  dari Pengurus dan anggota PBB sebanyak 22 orang yang harus diverifikasi terpenuhi bahkan anggota partai yang disiapkan berjumlah kurang lebih 30 orang. 

Ketua KPU dan DPC PBB Sumba Barat (tengah)
Ketua KPU dan DPC PBB Sumba Barat (tengah)

Ketua DPC PBB SBD Octav  Dapa Talu mengatakan sangat bersyukur atas lolosnya proses verifikasi ini karena sebelumnya sempat ragu dengan kehadiran anggota partai karena cuaca yang tidak bersahabat. 

“kita sempat ragu karena dari kemarin siang hingga hari ini hujan lebat masih melanda SBD ini, tapi syukurlah kurang lebih pukul 11 siang tadi hujan sudah mulai reda dan akhirnya berhenti sehingga anggota partai kami dari kodi dan loura serta wewewa bisa hadir di secretariat” katanya. 
Lebih lanjut Octa mengatakan komunikasi via telpon, sms dan WA sempat terganggu karena sinyal dipelosok desa putus-putus. Sehingga ada beberapa pengurus maupun anggota yang menjadi sakit akibat hujan yang lebat, sehingga harus dijemput dengan kendaraan roda empat untuk mengikuti verifikasi. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Dominikus Gera anggota DPRD dapil II SBD, kami terpaksa menjemput teman-teman kami yang rumahnya agak jauh dari Waitabula, untuk bisa mengkiuti verifikasi factual ini. 

Baca Juga :   ​Paket HATI Jalani Fit & Proper Test di PDIP Dengan Baik
Pengurus DPC PBB bersama Panwaslu dan KPU setelah verifikasi
Pengurus DPC PBB bersama Panwaslu dan KPU setelah verifikasi

“curah hujan kemarin sempat membuat kami pesimis, tetapi syukurlah kehadiran kami memenuhi syarat bahkan melebihi, sehingga sekarang kami akan berkonsentrasi mengikuti pemilu nanti” tuturnya. 

Lebih lanjut Domi Gera mengatakan PBB SBD masih harus konsentrasi menghadapi Pilkada Juni mendatang, sehingga pihaknya berharap PBB dapat bekerja optimal dalam memenangkan paket Damai yang merupakan paket usungan dari PBB. 

Kepengurusan PBB SBD yang baru sejak Mei 2017 ini menjadi tantangan tersendiri juga bagi pengurus partai dalam menyatukan semua kekuatan yang ada ditingkat masing-masing desa. 

“Target kami di 2019 harus mempunyai fraksi sendiri, berarti minimal 3 kursi harus direbut oleh PBB dari 5 dapil yang ada. Bisa dimaklumi juga karena ini pengurus yang baru setelah pengurus lama dibekukan, tetapi kami yakin dengan kemampuan kami dan  akan bekerja keras pada Pilkada 2018 ini dan Pemilu 2019 nanti” tutup Domi Gera yang juga wakil ketua DPC PBB. (Tim-SJ),-