​RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN VERIFIKASI FAKTUAL PARTAI POLITIK

Tambolaka-SJ., Menindak lanjuti ketentuan KPU Nomor 6 Tahun 2018 serta pelaksanaan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai politik setelah putusan Mahkamah Konstitusi dan untuk memahami teknis pelaksanaan verifikasi, KPU kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pada Senin, 29 Januari 2018 menyelenggarakan Rapat Koordinasi Verifikasi Keanggotaan dan Kepengurusan Partai Politik di aula kantor KPU SBD Tambolaka.

Rapat Koordinasi Verifikasi Keanggotaan dan Kepengurusan Partai Politik di aula kantor KPU SBD Tambolaka
Rapat Koordinasi Verifikasi Keanggotaan dan Kepengurusan Partai Politik di aula kantor KPU SBD Tambolaka

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut 12  pimpinan partai politik lama yaitu PDIP, Golkar, Partai Nasdem, PKB, PPP, Hanura, PAN, PKS, PKPI, Demokrat, Gerindra dan PBB. 5 orang komisioner KPU SBD memandu langsung rapat koordinasi verifikasi factual partai politik ini dan melakukan diskusi untuk menyepakati pelaksanaan verifkasi yang dijadwalkan dari tanggal 30 Januari sampai dengan 1 Februari 2018. 

Dalam kerapatan ini disepakati bahwa yang akan diverifikasi 5% dari jumlah data keanggotaan partai yang sudah terdaftar dalam Sipol pada saat verifikasi administrasi yang lalu. Dalam rapat koordinasi itu juga disepakati jadwal pelaksanaan verifikasi bagi keduabelas partai yang akan diverifikasi. 

Berikut ini jumlah sipol dan sampel yang akan diverifikasi di masing-masing Parpol di Kabupaten  Sumba Barat Daya dan jadwal pelaksanaan verifikasi:

Partai Nasdem: jumlah Sipol : 365 orang, Jumlah sampel : 19 orang; PKB: Jumlah Sipol : 419 orang, Jumlah sampel : 21 orang; Gerindra: Jumlah Sipol : 337 orang, Jumlah sampel : 17 orang; PPP: Jumlah Sipol : 309 orang, Jumlah sampel : 16 orang; PDIP: Jumlah Sipol : 314 orang, Jumlah sampel : 16 orang; Partai Demokrat: Jumlah Sipol : 791 orang, Jumlah sampel : 40 orang; PKPI: Jumlah Sipol : 344 orang, Jumlah sampel : 18 orang; Golkar: Jumlah Sipol : 637 orang, Jumlah sampel : 32 orang; PBB: Jumlah Sipol : 431 orang, Jumlah sampel : 22 orang; PAN: Jumlah Sipol : 308 orang, Jumlah sampel : 16 orang; PKS: Jumlah Sipol : 314 orang, Jumlah sampel : 16 orang: Partai Hanura: Partai Hanura pada saat penyerahan data anggota di Sipol menyerahkan sebanyak 307 orang saja (sesuai jumlah minimum untuk SBD,  namun ketika dilakukan penelitian oleh KPU, ditemukan keanggotaan ganda di Parpol lain, sehingga Partai Hanura TMS (tidak memenuhi syarat) keanggotaan dalam Sipol. 

Baca Juga :   PENDERITA AIDS DI SBD MEMPRIHATINKAN

“KPU kabupaten akan berkoordinasi lebih lanjut dengan KPU Pusat atau Provinsi serta Partai Hanura terkait kekurangan anggota, dan verifikasi faktual kepengurusan akan tetap dilaksanakan ungkap ketua KPU Mikael Bulu. 

Jadwal pelaksanaan verifikasi faktual 12 Parpol lama untuk Kab. Sumba Barat Daya : Tanggal 30 Januari 2018 : PKS dan PAN, Tanggal 31 Januari 2018 : Partai Demokrat, PKB, Nasdem dan PKPI dan Tanggal 1 Februari 2018 : PDIP, Golkar, Gerindra, PPP, Hanura dan PBB. (AH),-