​MELKI LAKA LENA FIGUR YANG SANGAT POTENSIAL

by -276 views

Kata-kata yang sering menggangu pikiran kita adalah Provinsi NTT merupakan  provinsi ke-3 termiskin di seluruh Indonesia. Apakah NTT tidak mempunyai harta dan kekayaan sehingga kita harus terpuruk menjadi daerah miskin ataukah SDM di NTT yang belum mampu mengelola semua sumber daya yang sudah disediakan Tuhan Yang Maha Kuasa?

Jika mau dilihat potensi kekayaan alam yang ada di NTT, jika dikelola dengan baik, maka sudah pantas lagi NTT menjadi provinsi ke-3 termiskin di Indonesia. Kita mempunyai lahan pertanian yang subur, peternakan, kekayaan laut  bahkan potensi-potensi wisata yang belum dikelola dengan baik untuk menjadi devisa bagi NTT yang kita cintai ini

Dari segi SDM juga kita sudah memiliki banyak tokoh berkiprah hingga ke tingkat nasional maupun internasional, tetapi apa yang salah dengan ini? NTT membutuhkan pemimpin dalam hal ini Gubernur yang mengetahui dengan benar sumber-sumber daya yang ada, pemimpin yang tahu karakteristik masyarakat NTT dan pemimpin yang mudah berbaur dan dekat masyarakat untuk mengetahui apa saja yang menajadi permasalahan dalam ekonomi masyarakat NTT. 

Melki Laka Lena
Melki Laka Lena

 Jika demikian halnya sosok pemimpin yang bagaimana yang dibutuhkan oleh NTT? Kita membutuhkan pemimpin yang enerjik, kreatif, jujur, mau bekerja keras  dan mempunyai pengalaman yang mumpuni untuk memimpin NTT kedepan.

Banyak bermunculan figur-figur yang potensial itu, tetapi jarang sekali yang mau turun langsung untuk merasakan dan melihat langsung apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh masayarakat NTT yang terdiri 22 kabupaten/kota.

Sosok muda yang lagi menjadi tenar sekarang ini adalah Emanuel Melkiades Laka Lena (40) yang berkeliling di seluruh NTT untuk melihat langsung dan  merasakan situasi dan kondisi masrakat serta mendapat ide-ide untuk membuat perubahan bagi NTT yang lebih baik kedepan.

Safari pendidikan politik  yang dilakukan Ketua Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) yang juga sebagai bakal calon gubernur NTT, Melkiades Laka Lena melalui Sayembara AYO BANGUN NTT merupakan sebuah kegiatan positif.

Melkiades Laka Lena selaku ketua umum dan penanggung jawab Sayembara AYO BANGUN NTT, terus menggelar kegiatan ini di semua kabupaten kota di seluruh NTT, terhitung hingga saat ini, Selasa (16/6/2017) sudah memasuki grand final lomba gagasan dan mencari  tokoh teladan di 22 kabupaten/kota yang sukses menyelenggarakan kegiatan sayembara AYO BANGUN NTT.

Beberapa jenis kegiatan yang dilombakan yaitu lomba kompetisi gagasan, lomba mencari tokoh teladan NTT, lomba paduan suara dan lomba debat. Kegiatan kegiatan ini mendapat respon luar biasa dari berbagai kalangan, baik pemerintah, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai kalangan lainnya.

Alasannya jelas, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengkonsolidasi ide dan gagasan dari masyarakat demi membangun NTT yang lebih baik ke depannya. Banyak orang baik, orang yang menjadi tokoh dan inspirasi banyak orang di NTT. yang selama ini tidak di angkat, dan melalui kegiatan sayembara ini calon gubernur NTT, Melkiades Laka Lena mendapat pengalaman, pesan dan ide dari masyarakat, bahwa ternyata orang-orang NTT juga mempunya banyak potensi, hanya saja selama ini tidak ada ruang bagi mereka terutama generasi muda untuk menyalurkan ide tersebut.

Hal ini disampaikan Camat Adonara Timur, Eduardus Fernandes dalam kegiatan sayembara AYO BANGUN NTT sekaligus membuka secara resmi kegiatan di aula SMPK Phaladhya, Selasa (16/05/2017) yang lalu.

Eduardus mengaku  cukup mengenal sosok Melki Laka Lena yang pada tahun 2013 lalu Melki Laka Lena menjadi calon wakil gubernur NTT dari partai Golkar. Melki Laka Lena menurut Eduardus adalah sosok orang muda yang potensial dan sangat berpengaruh di Nasional.

Sedangkan Linus Goran, budayawan Adonara mengatakan kreasi Melki Laka Lena merespon soal kebangsaan dengan mengajak paduan suara menyanyikan lagu lagu kebangsaan sangat tepat. Iringan lagu kebangsaan mengajak semua pihak untuk tetap menjaga NKRI dan Pancasila.

Mencintai Provinsi NTT khususnya Flores Timur melalui lagu merupakan suatu usaha agar dapat membuat masyarakat tetap bersatu untuk bersama majukan daerahnya,”ujarnya. 

Tanggapan tidak kalah menariknya disampaikan juga oleh Rofinus D Kaleka, tokoh muda dari Sumba Barat Daya. Menurut Rofinus, ketika dihubungi melalui selulernya, malam 14 Juni 2017, sayembara AYO BANGUN NTT yang diprakarsai oleh Melki Laka Lena, adalah kiat yang sangat kreatif dan inovatif dalam upaya membangun NTT menjadi lebih maju dan sejahtera ke depan dengan cara mengakomoditir semangat, cita-cita dan harapan seluruh rakyat dari berbagai daerah dan etnis yang ada.
“Sayembara tersebut adalah jembatan emas yang sedang dipersiapkan oleh Melki Laka Lena menuju perubahan NTT yang lebih cerah dan berbudaya,” jelas Rofinus. Melki Laka Lena, dalam pandangan kolumnis ini, adalah sosok politisi muda NTT, yang cerdas dan memiliki kompetensi yang andal dan patut diperhitungkan sebagai calon pemimpin yang tepat untuk memimpin Provinsi NTT ini pada periode yang akan datang. (OC$),-