344 PEJABAT ESELON 3&4 DILANTIK BUPATI SBD HARI INI

by -1,955 views

Tambolaka-SJ……… Bertempat di aula Kantor Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Kamis (19/3/20) pukul 10.30 Wita Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete didamping Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP melantik dan mengambil sumpah 344 orang pejabat struktural  Eselon III dan IV.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Ketua DPRD SBD, Rudolf Radu Holo dan anggota, Plt. Sekretrais Daerah Bernardus Bulu, SH, Dandim 1629/SBD  Letkol  Kav.  Sigit Priyo Utomo, Kapolres SBD AKBP Yosep F. Mandagi, S.IK, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan Wakil Bupati, Danpos TNI AU Letda Bambang, para pimpinan masing-masing SKPD, Kasubden 4 Den A Pelopor, Rohaniawan dan tamu undangan lainnya.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Wakil Bupati Marthen Chrsitian Taka, S.IP

Dalam sambutannya usai mengambil sumpah para pejabat terlantik, Bupati Kornelius Kodi Mete mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon III dan IV ini merupakan wujud apresiasi pada pegawai negeri sipil  yang telah memberikan pikiran, tenaga, waktu,  tanggung jawab dan kemauan baik yang telah bertugas selama ini untuk membantu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pelayanan masyarakat dan percepatan pembangunan di daerah ini.

Disamping itu pula in merupakan tanggung jawab Pemerintah SBD untuk penguatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berupa pengisian jabatan yang lowong maupun rotasi pejabat dengan maksud agar tugas pokok dan fungsi masing-masing dapat berjalan dengan baik disamping untuk penyegaran bagi para pejabat.

“Mudah-mudahan tidak ada yang non job, karena yang mengurus ini adalah Baperjaka, kita tidak mau masuk pada ruang seperti itu yang menyebabkan sebagian atau sekelompok orang habiskan waktu untuk bertanya, mencari jawaban, menemukan jawaban dan begitu ada jawaban belum tentu juga puas dan itu adalah bentuk kesia-siaan” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Kornelius mengharapkan rotasi ini berdasarkan masa lalu, masa kini dan masa akan datang disertai dengan proses-proses kehidupan bersama yang telah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi.

Dipantau oleh media ini pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah berjalan aman dan lancar dan tertib. Penandatanganan berita acara pengambilan sumpah perwakilan pejabat terlantik Penandatanganan Berita acara pengambilan sumpah,perwakilan pejabat terlantik Drh. Oktavianus Dapadeda ( Khatolik ), Agustinus Bayo Tanggu, S.PI  ( Protestan ) dan Suwarto (Islam).

Mantan Camat Kodi Utara Yeremia Tanggu, S.Sos yang dihubungi awak media usai pelantikan mengatakan ini merupakan sebuah kebiasaan atau keharusan bagi ASN.

“Ini bertujuan untuk penyegaran reorganisasi pemerintah, termasuk para pemimpin, para konseptor agar memajukan pekerjaan itu dari segala sisi di kabupaten ini, kita garis bawahi bahwa tidak ada kaitan politisnya, tetapi bagaimana kemampuan yang kita miliki itu kita berdayakan untuk memperkaya khasana pemikiran membangun SBD” tuturnya.

Yeremia juga berpesan pada penggantinya Camat Kodi Utara yang baru agar apa yang sudah dirintis, kalau ada yang kurang agar dilengkapi. Dirinya sudah mulai merintis mengenai keamanannya agar selalu berkoordinasi dengan Tripika, lalu untuk Pemerintah Desa agar selalu dilibatkan secara pro aktif, karena disitu ada LPM, BPD dan Pemerintah Desanya sendiri.

Mantan camat Kodi Utara, Yeremia Tanggu, S.Sos (ketiga dari kanan) berpose bersama pejabat eselon lainnya usai pelantikan

“Itulah kekuatan di Kodi Utara yang selama ini kami manfaatkan, termasuk kekuataan pemberdayaan perempuan (kesetaraan gender) melalui PKK, Posyandu, kegiatan STBM, ketika semua kekuatan dilakukan memang ada tiga hal yang harus dikorbankan yaitu ada waktu yang terbuang, tenaga maupun pembiayaan. Itu yang harus kita komunikasikan dengan Pemerintah melalui Bapelitbang” tutupnya. *****

Liputan: Octa Dapa Talu,-